infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Dinkes Kotim Mengingatkan Aktifitas Diluar Warga Gunakan Masker

Dinkes Kotim Mengingatkan Aktifitas Diluar Warga Gunakan Masker

Kadis Kesehatan Kotim, Umar Kaderi. (nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis, 28 September 2023 pukul 17.00 WIB dinyatakan kualitas udara tidak sehat. Hal itu mengartikan tingkat kualitas udara di Kabupaten Kotim saat ini, bersifat merugikan kepada manusia , hewan dan tumbuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi mengatakan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi pemicu buruknya kualitas udara di wilayah ini. Untuk itu pihaknya mengimbau supaya warga yang hendak beraktivitas di luar ruangan dapat menggunakan penutup hidung atau masker.

“Ini sebagai usaha agar kita tidak terkena penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Untuk itu saya minta warga dapat menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan,” ujarnya Kamis (28-9-2023).

Disamping itu juga dengan kondisi kemarau seperti ini dirinya mengingatkan kepada seluruh warga untuk dapat terus menjalankan pola hidup dengan sehat. Terutama untuk wilayah-wilayah yang saat ini mengalami krisis air bersih seperti di wilayah selatan Kotim.

Ia pun pun mengaku terus melakukan edukasi kepada warga terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat melalui fasilitas layanan di seluruh Kecamatan, kemudian terkait penderita ISPA di Kotim menurutnya belum terjadi peningkatan yang siginifikan. Hanya saja beberapa penderita yang memiliki penyakit penyerta seperti pengidap asma dan paru-paru sangat rentan terkena penyakit tersebut.

“Untungnya warga kita jika mengalami gejala langsung melakukan pengobatan sehingga bisa tertangani dengan cepat oleh petugas kesehatan. Fasilitas layanan kesehatan di Kotim juga melayani selama 24 jam sehingga bagi warga yang mengalami gejala atau gangguan terkait ISPA bisa segera langsung berobat di puskesmas terdekat,” katanya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan