infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response di RSI Sultan Agung Banjarbaru

BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response di RSI Sultan Agung Banjarbaru

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Chandra A Siswanto dan Direktur RSI Sultan Agung Banjarbaru dr Rifqiannor MARD, Jumat (29/09/2023) dalam kegiatan Launching loket atau tempat pelayanan informasi BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru.

Banjarbaru, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Hal ini disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Chandra A Siswanto, Jumat (29/09/2023) dalam kegiatan Launching loket atau tempat pelayanan informasi BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru.

“Launching loket pelayanan informasi BPJS ini kami laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, kalau serentak pusatnya ada di Sarjito Sleman. Untuk di wilayah Kalsel dan kantor cabang Banjarmasin BPJS Kesehatan laksanakan di dua RSI Sultan Agung dan RS Damanhuri di wilayah kerja kantor cabang Barabai,” jelasnya.

Dikatakan Chandra, fungsi dari loket informasi BPJS Kesehatan ini adalah sebagai media atau tempat peserta JKN, peserta BPJS Kesehatan memperoleh informasi terkait alur layanan terkait dengan seluruh tentang program JKN di loket ini. Selain itu juga peserta bisa menyampaikan keluhan atau pengaduan yang peserta alami di Rumah sakit langsung ada petugas rumah sakit yang ada di loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan. Selanjutnya nanti petugas yang ada di loket akan berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan untuk menyelesaikan permintaan informasi dan pengaduan tersebut.

“Selain itu hari ini launching terkait dengan Portal Quick Response (POROS) BPJS Kesehatan kami singkat POROS BPJS Kesehatan dimana ini adalah bentuk simplikasi dan digitalisasi bagi peserta BPJS, JKN untuk mendapatkan layanan dimana didalam Poros ini peserta dapat mengakses kesan, memberikan data terkait pelayanan didapatkan dalam fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Kemudian menyampaikan keluhan lanjutnya, kemudian melakukan cek in, antrian online dan skrining riwayat kesehatan. Jadi nanti setiap peserta bisa mengakses pelayanan secara langsung di loket maupun secara digital di Poros BPJS Kesehatan.

“Untuk rumah sakit lainnya kita lakukan secara bertahap dengan target minggu ke dua bulan Oktober setiap rumah sakit sudah menyediakan loket khusus di sertai dengan sainet yang diatas tengah itu sebagai penanda  bahwa setiap sudah menyediakan loket pelayanan khusus informasi,” katanya.

Ditambahkanya, belum semua rumah sakit di Kalsel berkerjasama dengan BPJS Kesehatan tapi yang pasti setiap FKRTL yang  bekerjasama dengan BPJS Kesehatan wajib menyediakan loket pelayanan informasi disertai dengan penempatan satu orang petugas untuk menangani permintaan informasi.

“Saat ini di wilayah kerja Kantor Cabang Banjarmasin 7 kabupaten kota ada 37 FKRTL yang sudah bekerjasama. Kalau wilayah kerja kantor cabang Banjarmasin ada 7 kabupaten/kota meliputi  kabupaten Banjar, Batola, Banjarbaru, Banjarmasin, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” terangnya.

Sementara Direktur RSI Sultan Agung Banjarbaru dr Rifqiannor MARD mengatakan, RSI Sultan Agung Banjarbaru telah membuka untuk pelayanan informasi BPJS Kesehatan. Dari awal kita sudah bekerjasama dengan sebagai mitra FKRTL BPJS Kesehatan.

“RSI Sultan Agung Banjarbaru sediakan loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan untuk memudahkan pasien atau pengguna BPJS Kesehatan mendapatkan informasi lebih detail dan jelas sehingga memudahkan mendapatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Rifqiannor menyatakan, hampir dua tahun RSI Sultan Agung Banjarbaru kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pasien yang datang di RSI Sultan Agung  Banjarbaru hampir  80 persen pengguna BPJS Kesehatan. Sehingga adanya loket informasi ini sangat baik bagi pasien dan bagi rumah sakit bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan informasi terbaik untuk  pasien dan memberikan informasi terbaik. Karena pemerintah menggunakan JKN-KIS BPJS Kesehatan untuk masyarakatnya.

“Banyak informasi yang didapatkan oleh peserta BPJS Kesehatan, sehingga memudahkan dalam pelayanan . Baik pelayanan rawat jalan maupun rawat inap,  fungsi FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut) adalah rujukan dari puskesmas dan juga rumah sakit yang lain untuk mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan di RSI Sultan Agung Banjarbaru,” imbuhnya.

yus/IB

Bagikan:

Iklan