Categories: Kotawaringin Timur

Akibat Kabut Asap di Kotim, Selain Penyakit Ispa Rawan Kecelakaan

Sampit, infobanua.co.id – Banyaknya lahan dan hutan yang terbakar di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, dan kualitas udara sangat buruk sekali yang mana akibat udara yang sangat membahayakan kesehatan Disdik Kotim telah mengeluarkan surat edaran untuk semua sekolah baik TK/Paud, SD, SMP maupun SMA.
Dalam edaran tersebut Plt Kadis Pendidikan Kotim, M.Irfansyah ketika dihubungi oleh infobanua Sampit, terkait kabut asap yang sekarang ini makin mengkuatirkan warga yang anaknya sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit menjelaskan sesuai dengan surat edaran yang telah disampaikan disetiap sekolah agar memperhatikan setiap point point dalam surat.

Ia juga menjelaskan kalau memang sekolah tersebut terdampak kabut asap yang sangat membahayakan para siswa atau pelajar dan diliburkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya belajar dengan Daring dirumah ataupun misalnya siswa atau pelajar yang tidak bisa mengikuti Daring dikarenakan hal yang lain seperti gangguan sinyal internet diusahakan cara yang lain.

“Akibat kabut asap seperti sekarang ini, telah kita sampaikan dalam surat edaran itu.”Ucap Irfansyah kepada infobanua Sampit melalui telpon selularnya.

Tetapi juga menurut Irfansayah, tidak semua sekolah yang bisa diliburkan dikarenakan ditempat lain ada juga sekolah yang tidak terdampak kabut asap dan ini tetap sekolah seperti biasa. Ia mencontohkan seperti sekolah yang ada di Teluk Sampit, desa Ujung Pandaran masih bisa sekolah seperti biasa.

“Akibat kabut asap tidak semua sekolah yang terdampak, jadi sekolah yang tidak terdampak tetap sekolah ajar mengajar,”terangnya.

Bukan itu saja akibat kabut asap yang sekarang sebagian menutupi wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit rawannya kecelakaan lalulintas, dari pantauan infobanua Sampit sejak pagi sampai sekitar jam 07.30 WIB kabut asap masih terlihat dan aroma asap yang tidak sedap menusuk hidung dan warga sudah banyak mengalami batuk dan filek tidak terkecuali orang tua dan anak.

“Sangat berbahaya sekali bagi pengguna jalan, sebab kabut asap hanya berjarak antara 3 sampai 5 meter saja itu pun mata pedih.”Ujar Wawan warga jalan Pinang Sampit, dari video yang dikirim ada sepeda motor plat dinas masuk parit akibat kabut.

Zainal.

infobanua

Recent Posts

Salat Hajat Bersama Ulama dan Tokoh Masyarakat: Tapin Siapkan Diri untuk Kejurnas Rally

RANTAU, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar salat hajat bersama ulama, umara, dan tokoh masyarakat…

1 jam ago

Pernyataan Sikap Terhadap Tidak Diakomodirnya Putra-Putri Dayak Dalam Kabinet Prabowo-Gibran Priode 2024-2029

infobanua, Jakarta - Majelis Adat Dayak Nasional(MADN),Dewan Adat Dayak(DAD) se-Indonesia,dan organisasi masyarakat Dayak se-kalimantan dengan…

1 jam ago

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

2 jam ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

3 jam ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

3 jam ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

3 jam ago