infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Festival Futsal Nasional 2023 Dimeriahkan 32 Tim Dengan Keberadaan Pemain Asing

Festival Futsal Nasional 2023 Dimeriahkan 32 Tim Dengan Keberadaan Pemain Asing

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, secara resmi membuka Festival Futsal Nasional antar Club Paman Birin Cup 2023 di Borneo Indoor Futsal – Banjarmasin pada Minggu (22/10).

Banjarmasin, infobanua co.id – Dengan partisipasi dari 32 tim futsal dari berbagai penjuru Indonesia, serta pemain-pemain asal Brasil dan Iran yang ikut meramaikan, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, secara resmi membuka Festival Futsal Nasional antar Club Paman Birin Cup 2023 di Borneo Indoor Futsal – Banjarmasin pada Minggu (22/10).

Paman Birin menyampaikan bahwa perkembangan olahraga futsal telah mengalami pertumbuhan pesat dalam dekade terakhir. Turnamen dan kejuaraan futsal diadakan di berbagai tingkat, mulai dari daerah, nasional, hingga internasional.

“Hari ini, klub futsal dari berbagai wilayah berkumpul di Kalimantan Selatan untuk bersaing dalam Festival Futsal Nasional Paman Birin Cup tahun 2023,” ujarnya.

Sebelum membuka acara, Paman Birin, yang merupakan penggemar futsal, mengakui bahwa atmosfer pertandingan dipenuhi semangat dan cinta masyarakat Kalimantan Selatan terhadap olahraga futsal.

“Saya selain menonton pertandingan futsal, juga aktif bermain futsal meskipun sebagai Gubernur Kalimantan Selatan,” katanya.

Paman Birin menekankan bahwa meskipun kemenangan adalah tujuan akhir dalam kompetisi, nilai-nilai fundamental dalam olahraga harus tetap dijunjung tinggi.

“Marilah kita menjaga semangat persaudaraan dan sportivitas dalam setiap pertandingan. Saya mengajak semua yang hadir di sini untuk menjadikan Festival Futsal Nasional ini sukses, dengan sikap saling menghormati, baik antara pemain maupun perangkat pertandingan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan mengumumkan bahwa Festival Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antar Klub Paman Birin Cup tahun 2023 akan dihadiri oleh sejumlah pemain nasional dan tim Liga Profesional, serta pemain asing dari Brasil dan Iran, yang akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 27 Oktober 2023.

“Istimewanya, beberapa tim mendatangkan pemain asing, seperti Fafage (Tapin) yang ditangani oleh pelatih Pattaya Pienkum asal Thailand, turut memperkuat dengan pemain Ali Abidin (Iran) dan Diego (Brasil). Sedangkan tim Kancil WHW, yang menjadi runner up Liga Futsal Profesional Indonesia 2022/2023, dibantu oleh pemain nasional dan pemain asal Brasil Danel Alves dan Felipe Pereira,” ungkapnya.

Seluruh peserta turnamen berasal dari Kalimantan Selatan dan provinsi lainnya, seperti Jawa, Jakarta, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Kalimantan Timur (Kaltim). Klub-klub yang akan berpartisipasi antara lain Kancil WHW, Fafage A, Fafage B, Subaru Reborn, CKB Naufal Palangkaraya, Munthe Kotabaru FC, BSJ, SF Borneo, MG Elang, Poliban, Diamond, Pomnas, DPKS, d’Kumpul, Khenzoe Purukcahu, Senyum FC, Kohusien FC, Atha Batola, Petir Energy, Expol, Perayaman, GSM HB 88, Talent, PT Arutmin, Dyt M, Dzamal, Ji.mat FC, Kapuas Team, FC 139, Lamasia FC Kotabaru, dan RBU MMS.

Mereka akan bersaing untuk memperebutkan Piala Paman Birin dengan total hadiah sebesar 300 juta rupiah.

Selain membuka Festival Futsal Nasional antar Club Paman Birin Cup 2023, Paman Birin juga memberikan dukungan kepada tim futsal pra-PON Kalimantan Selatan yang akan berlaga di Provinsi Kaltim untuk tim putra. Sementara itu, tim futsal putri akan melakukan seleksi di Kalimantan Selatan dan menjadi tuan rumah.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan