infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Resmikan Banua Ekonomi Syariah Expo 2023

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Resmikan Banua Ekonomi Syariah Expo 2023

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Direktur Kewirausahaan dan Ekonomi Syariah Putu Rahwidhiyasa, Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalsel KH Mukri Yunus, Wakajati Kalsel Akhmad Yani, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin.

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor meresmikan Banua Ekonomi Syariah Expo 2023 di Lapangan dr Murjani, Banjarbaru, pada Senin (23/10) sore.

Pembukaan acara ini ditandai dengan penabuhan rebana oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Direktur Kewirausahaan dan Ekonomi Syariah Putu Rahwidhiyasa, Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalsel KH Mukri Yunus, Wakajati Kalsel Akhmad Yani, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin, serta putra Paman Birin, Sandi Fitrian Noor.

Banua Ekonomi Syariah Expo 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, berlangsung mulai tanggal 23 hingga 25 Oktober 2023.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, atau Paman Birin, menekankan bahwa peran pesantren tidak hanya relevan saat ini, melainkan juga sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, pesantren tidak hanya berperan dalam pembangunan fisik, tetapi juga dalam pembangunan rohani.

Paman Birin menjelaskan bahwa Banua Ekonomi Syariah Expo ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem usaha berbasis syariah di Kalimantan Selatan yang terkoordinir dan terfasilitasi dengan baik. Event ini menjadi peluang bagi unit usaha pesantren dan pelaku usaha berbasis syariah untuk meningkatkan daya saing mereka dan lebih dikenal oleh masyarakat.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berharap dapat memberdayakan pesantren dalam bidang ekonomi, yang selain mendukung pesantren itu sendiri juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia (DPW IPI) Kalimantan Selatan KH Mukri Yunus menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Santri Nasional 2023. Kegiatan ini mencakup pameran ekonomi pesantren dan UMKM, forum ekonomi pesantren, serta forum ekonomi dan keuangan syariah.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kali kedua diadakan, dan sebelumnya telah dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin.

KH Mukri Yunus menekankan pentingnya peran umara dan ulama yang saling mendukung, saling memperkuat agama, dan berkontribusi pada kesejahteraan lahir dan batin serta kemuliaan dunia dan akhirat.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan peninjauan booth expo yang memamerkan produk-produk dari pesantren se-Kalimantan Selatan dan puluhan produk UMKM lainnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan