Categories: BANJARMASIN

Gubernur Kalsel, Turut Belasungkawa Atas Kepergian Ulama Martapura, KH. Hatim Salman

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kalimantan Selatan tenggelam dalam duka yang mendalam dengan berita kematian ulama kharismatik, KH. Muhammad Hatim bin Salman Jalil. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya sebelum waktu Maghrib, setelah menjalani perawatan di RSUD Ratu Zalecha, Martapura, pada Minggu (22/10).

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin, menyampaikan rasa belasungkawa atas kepergian ulama berpengaruh Martapura, KH. Hatim Salman. Ulama yang merupakan putra dari ulama ahli falak, KH. Salman Jalil Arsyad Al Banjar, ini telah memberikan kontribusi besar dalam masyarakat.

“Dengan perasaan sedih, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kami turut berduka cita yang mendalam. Semoga almarhum diterima oleh Allah SWT dengan husnul khatimah, semua amal ibadahnya diterima-Nya, dan mendapat tempat yang layak di surga. Kami berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. Al-Fatihah,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga mengenang sosok Guru Hatim yang memiliki kedekatan khusus dengannya. Guru Hatim sering menghadiri kegiatan sholawatan dan tausiyah yang diadakan setiap bulan, di mana beliau memberikan nasihat kepada ASN, karyawan Pemprov, dan warga sekitar di Bumi Sholawat di Desa Kiram, Kabupaten Banjar.

Selama beberapa kesempatan, Guru Hatim juga memberikan tausiyah dan pesan kepada para ASN dan pejabat yang baru saja dilantik oleh Paman Birin. “Semoga pesan-pesan beliau menjadi panduan bagi kita semua untuk hidup dengan sebaik-baiknya,” kata Paman Birin.

Guru Hatim Salman adalah saudara kandung dari KH. Muhammad Wildan, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Tahfidzul Qur’an Tanjung Rema, dan Guru Sa’aduddin Salman, Imam Besar Langgar Ar Raudhah Sekumpul Martapura.

Selain itu, Guru Hatim Salman juga tercatat sebagai Mutasyar PBNU untuk masa khidmat 2022-2027 dan pernah  menjabat sebagai Wakil Bupati Banjar pada periode 200-2010.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Banjarbaru Capai Prestasi Gemilang dengan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru telah meraih Penganugerahan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat…

51 menit ago

Diskusi Publik Karang Taruna Dumai, Mendorong Pilkada 2024 yang Aman dan Bersih

Dumai, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung tahapan Pilkada serentak nasional 2024, Karang Taruna Dumai menggelar…

59 menit ago

Ribuan Siswa RA se-kota Palangka Raya Antusias Ikuti Karnaval Kreativitas Budaya Nusantara

Palangka Raya, infobanua.co.id — Kementerian agama (Kemenag) Kota Palangka Raya bersama dengan Ikatan Guru Raudhatul…

3 jam ago

Proyek Peningkatan Jalan Antasari di Nunukan, Meningkatkan Akses dan Kualitas Jalan

Nunukan, infobanua.co.id– Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Utara (PUPR) mengumumkan pelaksanaan proyek strategis nasional berupa…

3 jam ago

Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW, SD Negeri 025 dan Masjid Almukhlisin Gelar Acara Bersama

Tanah Grogot, infobanua.co.id – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar dengan penuh khidmat di SD…

3 jam ago

Kalapas Sampit Memastikan, Klinik Pratama Lapas Sampit Memberikan Pelayanan Terbaik

Sampit, infobanua.co.id - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit, melakukan kontrol rutin kegiatan pengobatan di…

4 jam ago