Categories: Penajam Paser Utara

Sekretaris DPMD PPU Catat Ada 51 Calon Kades Lulus Seleksi dari 14 Desa

PENAJAM, infobanua.co.id – Pemrintah Kabupaten Penajam Pase Utara (PPU) menggelar pilkades serentak di 14 Desa gang tersebar di tiga Kecamatan yang di Benuo Taka. Sebanyak 51 calon kepala desa (kades) bakal bertarung memperebutkan kursi atau jabatan kades pada pemilihan kepala desa (pilkades)

Saat diwawancarai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yayuk Eka Pratiwi mengatakan, ke-51 calon kades telah dinyatakan lulus seleksi berkas dan berhak menjadi peserta pilkades. Dari jumlah tersebut berasal dari 14 desa yang akan mengikuti pilkades serentak 29 Oktober mendatang.

” Sesuai dengan jadwal matrik jadwal kampanye mulai 23 Oktober sampai 25 Oktober 2023, Hari ini terakhir calon-calon kades lakukan kampanye di masing-masing desa,” bebernya.

Setelah pelaksanaan tahapan kampanye, selanjutnya masa tenang selama tiga hari dan pencoblosan atau pemungutan suara pilkades digelar pada 29 Oktober 2023.

Data pemilih tetap (DPT) pilkades itu sudah ditetapkan sebanyak 30.155 pemilih untuk 14 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa, terinci 15.448 jiwa pemilih laki-laki dan pemilih perempuan 14.634 jiwa.

Pemilih pada pilkades yang tercatat sekitar 30.155 jiwa itu, akan mencoblos atau memberikan hak suara pada 60 tempat pemungutan suara (tps), jelas dia, yang tersebar di 14 desa penyelenggara pilkades.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan seluruh tahapan pilkades hingga pencoblosan dan penghitungan suara.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak aparatur keamanan termasuk intelijen terus mengawasi setiap tahapan pilkades,” demikian Yayuk Eka Pratiwi.

Ke-14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara yang menyelenggarakan pilkades pada tahun ini (2023) di antaranya, Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam, serta Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.

Berikutnya Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu, serta Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow di Kecamatan Sepaku. (Adv)

infobanua

Recent Posts

Bupati Tanbu Bimtek CPPOB Harapanya Petani Patin Berkembang

BATULICIN, infobanua.co.id – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembenihan Ikan Patin,…

28 menit ago

Rapat Kerja Apeksi Kalimantan, Fokus pada Infrastruktur dan Investasi

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pjs. Wali Kota Banjarbaru, Nurliani, menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil)…

31 menit ago

Festival Literasi Banjarbaru ke-4, Penguatan Literasi Melalui Film

Banjarbaru, infobanua.co.id – Festival Literasi Banjarbaru ke-4 resmi dibuka dengan acara Bincang Temu Literasi, yang…

40 menit ago

Apapun Media Televisinya Tak Perlu Jadi Persoalan, Penentu Debat Publik Adalah Kualitas Paslon

Karawang,infobanua.co.id - Rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum…

50 menit ago

Tes Urine Untuk Warga Binaan Program Cuti Dan Pembebasan Bersyarat

Sampit, infobanua.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, yang berada di bawah naungan Kantor…

52 menit ago

Meldy Putera, Resmi Dilantik Sebagai Anggota PAW MPDN Kotim

Sampit, infobanua.co.id - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, Meldy Putera, dari Kantor Wilayah…

54 menit ago