infobanua.co.id
Beranda BANJAR Bunda PAUD Banjar Raih Penghargaan Wiyata Dharma dari Kemenristek

Bunda PAUD Banjar Raih Penghargaan Wiyata Dharma dari Kemenristek

MARTAPURA – Bunda PAUD Kab Banjar Hj Nurgita Tiyas Saidi Mansyur menerima penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI pada Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023.

Bunda PAUD Kab Banjar Hj Nurgita Tiyas dinilai memiliki kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung gerakan transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada puncak agenda Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Hotel Mercure Convention Centre, Rabu (8/11) Jakarta.

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan wujud komitmen kami menyikapi program strategis pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan serta mencetak generasi unggul dan berkualitas”, Ungkap Hj Nurgita Tiyas.

Penggagas GITAKU ini menyebut, peran bunda-bunda PAUD sejauh ini sudah sangat berhasil menciptakan situasi dan suasana belajar yang menyenangkan.

Dia berpesan kepada Bunda PAUD kecamatan untuk terus semangat mensosialisasikan dan mengawasi terlaksananya pendidikan anak-anak di TK dan SD di desa masing-masing.

Wiyata Dharma Utama sendiri merupakan penghargaan dengan kategori tertinggi yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada Bunda PAUD Provinsi, Kabupaten dan Kota yang memenuhi syarat penilaian.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny yang turut mendampingi mengungkapkan jika penghargaan tersebut diterima lantaran peran Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Nurgita Tyas dalam menggalakan pelaksanaan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Adapun Peran Bunda PAUD dalam masa transisi PAUD ke SD yaitu adanya tiga target perubahan, 1. Menghilangkan tes calistung pada saat masuk SD, 2. Melaksanakan masa MPLS selama 2 minggu di awal masuk sekolah, 3. Menerapkan pembelajaran yg menanamkan 6 fondasi dasar anak,” beber Kadisdik yang akrab disapa Liana tersebut.

Dijelaskannya lebih jauh, ada 4 point komitmen Peranan Bunda PAUD dalam mendukung gerakan transaksi PAUD ke SD. Yang meliputi, penguatan Peran Forum Komunikasi PAUD ke SD di Kabupaten Banjar dalam gerakan transisi Paud ke SD, Melakukan advokasi dan Sosialisasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan pada satuan PAUD, SD, pengawas, penilik, ormit dan Bunda PAUD Kecamatan/Desa/kelurahan, Komitmen bersama Transisi Paud / RA Ke SD/MI antara Bunda Paud Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Agama Kabupaten Banjar, Penandatangan komitmen Bersama antara Bunda Paud Kabupaten Banjar dengan Bunda Paud Kecamatan/Kelurahan/Desa tentang gerakan transisi PAUD ke SD.

Turut hadir mendampingi Hj Nurgita Tiyas dalam menerima penghargaan selain Kadisdik Liana Penny, yakni Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith, Kadis PMD Syahrialludin selaku Pembina TP PKK Kabupaten Banjar, serta Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Banjar. hms

Bagikan:

Iklan