infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Wisata Susur Sungai di Batola Makin Diminati Warga

Wisata Susur Sungai di Batola Makin Diminati Warga

MARABAHAN – Pemkab Batola memberikan kemudahan bagi warga yang ingin berwisata susur Sungai Barito. Wisata Susur Sungai Barito dapat dilakukan tanpa kapal wisata milik Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Caranya gampang, naiklah kapal motor penyeberangan dari dermaga di dekat Pasar Wangkang. Sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

Kalau membawa sepeda motor, tarifnya Rp 7 ribu. Kalau malam hari, tarifnya Rp 10 ribu. Harus menyalakan lampu sepeda motor di dermaga Pasar Wangkang agar dijemput kapal penyeberangan.

Hal itu karena kapal penyeberangan cuma sandar di dermaga penyeberangan Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai. Tidak sampai enam menit, sudah tiba di dermaga Kelurahan Lepasan, Kecamatan Bakumpai.

Selama kurang dari enam menit itulah, pemandangan susur Sungai Barito dapat dilihat dari permukaan Sungai Barito.

Ada lalulintas kapal tugboat penarik kapal tongkang, baik yang bermuatan batubara ataupun tongkang kosong tanpa muatan. Warga Kelurahan Lepasan dan desa terdekat memilih menaiki kapal penyeberangan.

Alasannya, lebih dekat dan cepat menuju Pasar Marabahan. “Kalau melintasi jembatan Rumpiang memutar dan agak jauh,” kata Udin, warga Bakumpai.

Warga Bakumpai yang menuju dermaga Pasar Wangkang, membayar Rp 7 ribu di loket yang dijaga Nor Mila.

Rel/bp

Bagikan:

Iklan