Categories: TANAH BUMBU

BPBD Tanbu Gelar Ekpose Laporan Akhir

BATULICIN, infobanua.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) buka forum konsultasi publik bersama instansi terkait kebencanaan.

Kegiatan ini dalam rangka ekpose laporan akhir penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Tahun 2023, bertempat di Aula Hotel Ebony. Jum’at (8/12/23).

Ekspose dibuka oleh Bupati Tanbu melalui Assisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan, Eryanto Rais.

Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena telah membangun koordinasi, komitmen dan berpartisipasi aktif baik dari Pemerintah Daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi serta media.

“Tersusunnya dokumen ini tak lepas dari dukungan kita semua, terutama untuk menggapai cita-cita bersama guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD melalui Sekretaris Dwi Kesuma Putera menambahkan, dokumen kebencanaan ini harus dimiliki setiap daerah dan perlu diperbaharui setiap 5 (lima) tahun.

“Dokumen ini merupakan pembanding dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW),”ujarnya.

Dokumen ini menjadi pedoman kebijakan Pemerintah Daerah untuk merencanakan program dan kegiatan yang mengintervensi langsung stakholder terkait dalam upaya penanggulangan bencana.

“Baik mulai dari proses pencegahan, darurat hingga rehabilitasi rekonstruksi pasca bencana sesuai dengan tupoksi dan perannya selama 5 tahun,”terangnya.

Dia menambahkan, dengan adanya RPB ini kedepannya dapat meningkatkan indikator kinerja pimpinan daerah dalam rangka pengurangan indeks risiko bencana.

“Outputnya adalah meningkatkan rasa aman dan tentram masyarakat dari bahaya bencana, yang muaranya diharapkan dapat meningkatkan daya tarik investasi di Kabupaten Tanah Bumbu,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan kodim 1022/tnb, polres, danlanal, kejari, korlap siaga SAR batulicin, kph kusan, manggala agni, instansi terkait, para camat dan pihak konsultan dari PT. kinarya alam raya.(. )

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

6 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

6 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

12 jam ago