Banjarmasin, infobanua.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Program ini telah menjadi solusi bagi setiap orang untuk berobat tanpa terbebani oleh biaya pelayanan kesehatan. M. Abduh (54) salah satu peserta JKN yang telah memercayakan keluarganya pada program ini ketika mereka sakit. Saat ini Abduh tengah mendampingi sang anak berobat di rumah sakit karena sakit telinga yang dideritanya.
“Saat itu anak saya mengeluh sakit di bagian telinga. Karena sakitnya tak kunjung hilang akhirnya kami bawa berobat ke Puskesmas. Setelah dilakukan pemeriksaan, Puskesmas memberikan rujukan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan, yaitu rontgen. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui terdapat cairan pada telinga anak saya. Untuk saat ini anak saya cukup berobat rawat jalan sambil menunggu kondisi telinga anak saya dan jadwal operasi. Semoga tanpa operasi bisa sembuh lah, kasihan anak-anak pasti takut kalo mendengar kata operasi’’ ungkap Abduh.
Abduh mengungkapkan walaupun keluarganya selalu berobat dengan mengandalkan Program JKN, pelayanan kesehatan yang didapatkan tidak ada perbedaan dengan pasien umum. Prosedur penanganan medis juga ditangani dengan baik oleh dokter dan petugas medis lainnya. Ia pun sangat tenang dengan adanya Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, keluarganya tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk pengobatan keluarganya, termasuk pengobatan telinga anaknya tersebut.
“Alhamdulillah selama menggunakan JKN untuk berobat tidak pernah menemukan kendala sama sekali. Untuk pengobatan anak saya saat ini pun juga baik. Pelayananannya mudah, anak saya ditangani dengan sangat baik tidak ada perbedaan perlakuan. Semuanya gratis tidak ada iur biaya, dari tindakan kesehatan hingga obat-obatan seperti obat semprot untuk telinga, obat minum, infus semuanya kami dapatkan tanpa biaya sama sekali. Saya dan keluarga sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, berkat JKN kami pun tidak terbebani oleh besarnya biaya berobat di fasilitas kesehatan. Apresiasi juga kepada pihak rumah sakit yang telah memberikan pelayanan terbaik untuk kesembuhan anak saya,’’ tutur Abduh
Abduh berharap jika Program JKN bisa selalu ada untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan. Ia juga berharap Program JKN akan selalu menjadi program terbaik untuk menjamin kesehatan masyarakat dengan adil dan merata. Ia juga mengungkapkan BPJS Kesehatan sudah sangat baik untuk selalu memberikan pelayanan yang memudahkan dari berbagai inovasi yang dihadirkan.
“Terima kasih sekali kepada BPJS Kesehatan, saya selalu berharap bahwa Program JKN ini akan terus ada sampai kapanpun. Tentunya BPJS Kesehatan dalam hal ini menjadi perpanjangan tangan Pemerintah untuk masyarakat. Harapan lainnya agar fasilitas kesehatan selalu memberikan pelayanan terbaik dan tidak ada perbedaan pelayanan kepada peserta. Apresiasi juga kepada BPJS Kesehatan atas kemudahan yang diberikan untuk peserta,’’ ungkap Abduh.
Tak hanya itu, Abduh juga menyampaikan bahwa peserta juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta tidak perlu repot membawa banyak berkas saat ingin mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan. Abduh berharap kemajuan kualitas pelayanan Program JKN juga semakin meningkat. Menurut Abduh dengan semua kemudahan layanan saat ini, peserta JKN lainnya juga merasakan hal yang sama seperti dirinya.
“Sekarang semua juga sudah serba gampang dan tidak ribet. BPJS Kesehatan juga selalu memberikan kemudahan bagi pesertanya yang hendak berobat, contohnya saya saat ini cukup menunjukkan KTP, sudah bisa mendapatnya pelayanan kesehatan. Selain itu, peserta tidak perlu fotokopi berkas-berkas apapun. Semoga seluruh faskes, baik itu Puskesmas, klinik maupun rumah sakit tetap memberikan yang terbaik untuk peserta JKN. Intinya semua peserta harus merasakan manfaat yang sama seperti yang pernah keluarga saya rasakan.’’ tutup Abduh.
Banjarbaru, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera, SE, hadir dalam…
Banjarbaru, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru terus mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi pada pembangunan…
Banjarbaru, infobanua.co.id– Kota Banjarbaru telah menunjukkan kemajuan luar biasa di berbagai sektor selama empat tahun…
Banjarbaru, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menggelar acara Sosialisasi…
Banjarmasin, 12 Desember 2024 – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil…
Telkomsel berkolaborasi bersama Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin menghadirkan seminar edukasi dengan tema “Unlock Golden Youth…