Categories: BANJAR

Ribuan Jemaah Berbagai Daerah Hadiri Acara Puncak Haul ke 218

Martapura, infobanua.co.id – Ribuan jemaah dari berbagai daerah menghadiri acara puncak Haul ke 218 Jaddina Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Senin (15/4/2024) siang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturroghin, Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Sebelum gelaran dimulainya haul ulama karismatik yang dikenal dengan Datu Kelampayan itu, sempat terjadi hujan deras mengguyur Kabupaten Banjar pada pukul 06.00 Wita hingga 09.00 Wita. Akan tetapi, kondisi ini ternyata tak menyurutkan antusias jemaah untuk tetap berhadir ditengah-tengah momen yang hanya ditemui satu tahun sekali tersebut.

Acara ini diawali dengan pembacaan syair Maulid Habsyi dan ayat suci Al Quran. Dari sini pula jemaah nampak kusuk mengikuti serangkaian acara haul Datuk Kelampayan. Tak lupa, juga dibacakan manakib (sejarah perjalanan) singkat sang penulis kitab Sabilal Muhtadin ini oleh Guru KH Wildan Salman.

Salah satu jemaah, Hj Fauziah, mengaku, takjub dengan kehadiran jemaah yang jumlahnya tak terhingga itu. Jemaah yang berasal dari Banjarmasin itu pun membeberkan, bahwa kedatangan tahun ini jauh meningkatkan dibandingkan tahun lalu.

“Tapi, Syukur Alhamdulillah, rombongan kami masih bisa masuk ke kawasan pusat kegiatan haul,” ungkapnya kepada awak media.

Berdasarkan data yang dihimpun koordinator lapangan (korlap), jumlah jemaah yang datang ke acara puncak Haul ke-218 Datu Kelampayan diperkirakan mencapai puluhan ribu. Itu mengacu pada jumlah kantong parkir yang disediakan di Desa Teluk Selong, dan Desa Akar Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

“Jumlah yang datang sekitar 25.000 orang. Terlebih, kedatangan jemaah sampai memadati ruas jalan utama,” ungkap Kasi Humas Polres Banjar, AKP Suwarji, saat bertugas di posko induk.

Seraya diungkapkan mantan Gubernur Kalsel periode 2005 – 2015, Rudy Ariffin. Ia berkata, “Alhamdulillah pelaksanaan haul Datu Kalampayan berjalan dengan lancar, dan jumlah jemaah yang berhadir terus bertambah banyak,” katanya.

Fad

infobanua

Recent Posts

Samakan Persepsi, Penyuluh Pertanian Se Kabupaten Banjar Ikuti Temu Teknis

Martapura, infobanua.co.id – Peran penyuluh pertanian sangat penting sebagai perantara informasi antara petani dan pemerintah,…

30 menit ago

Rinitis Alergi pada Anak: Penyakit Multimorbid, RSUI Kembali Gelar Seminar

Depok, infobanua.co.id - RS Universitas Indonesia (RSUI) kembali menggelar rangkaian seminar awam dengan tajuk utama:…

6 jam ago

Pemkab Kotim Harap Pelaksanaan Pemilu Dapat Lebih Baik Lagi

Sampit, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) berharap pelaksanaan pemilu kedepannya dapat terselenggara…

7 jam ago

Dukung Budaya Membaca, Apical Gelar Seminar Memahami Karakteristik Anak untuk Meningkatkan Minat Baca

Lubuk Gaung, 30 April 2024 - Apical menunjukkan komitmennya dalam mendukung budaya membaca di Indonesia.…

7 jam ago

Etika, Hukum dan Masa Depan Demokrasi: Refleksi Putusan MK tentang Pilpres 2024

JAKARTA - Dalam sejarah politik Indonesia, belum pernah muncul gelombang kemarahan yang demikian luas di…

7 jam ago

Samsung Solve for Tomorrow Kembali Digelar, Siapkan Inovasimu!

Penyelenggaraan Samsung Solve for Tomorrow 2024 menjadi momentum penting untuk mendorong peningkatan literasi digital dan…

7 jam ago