infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Bupati HST Membuka Workshop Pemenuhan Standar Pelayanan Publik, Komitmen untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan

Bupati HST Membuka Workshop Pemenuhan Standar Pelayanan Publik, Komitmen untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi Workshop Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten HST Tahun 2024

Barabai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H. Aulia Oktafiandi, bersama Sekda HST, membuka secara resmi Workshop Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten HST Tahun 2024 di Hotel Grand Qin Banjarbaru pada hari Senin (22/4).

Workshop ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada perangkat daerah dan Puskesmas tentang pemenuhan dan kriteria kepatuhan standar pelayanan publik. Narasumber dalam acara ini adalah Bupati HST, H. Aulia Oktafiandi, dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Hadi Rahman.

Selama acara, dilakukan juga penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Aulia kepada 6 unit kerja yang berkontribusi pada hasil penilaian pelayanan publik pada tahun 2023. Pada tahun tersebut, berdasarkan penilaian Ombudsman, Pemkab HST masuk dalam kategori predikat kepatuhan kualitas tertinggi atau zona hijau dengan nilai 88,68.

Dalam sambutannya, Bupati Aulia menyatakan bahwa workshop ini merupakan forum yang penting dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi atas berbagai tantangan dalam pemenuhan standar pelayanan publik. “Pemenuhan standar pelayanan pada instansi Pemerintah sangat berimplikasi terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah,” ujarnya.

Beliau menekankan bahwa untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan, cepat, dan tepat, diperlukan komitmen, kebersamaan, dan sinergi dari semua pihak. Pemerintah HST terus melakukan berbagai upaya, termasuk pembangunan Mal Pelayanan Publik dan Workshop Pemenuhan Standar Pelayanan Publik, sebagai bentuk konkret dari komitmen tersebut.

“Ke depan, pemanfaatan teknologi atau digitalisasi pelayanan akan menjadi semakin penting. Oleh karena itu, inovasi dengan memanfaatkan teknologi harus menjadi budaya kerja yang baru untuk diterapkan,” tambahnya.

Bupati juga berharap agar Pemkab HST tetap mempertahankan atau meningkatkan nilai kepatuhan dalam pelayanan publik, serta meningkatkan kerja sama antar unit kerja untuk mencapai hal tersebut.

Dalam laporan panitia, Kabag Organisasi Pemkab HST, M. Rusdiyanto, menjelaskan bahwa tujuan dari workshop ini adalah mendorong unit pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan penyelenggaraan pelayanan, serta peningkatan kualitas pengaduan.

Peserta workshop terdiri dari unit kerja Inspektorat, Dinas Dukcapil, Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja, Dinas Sosial PPKB PPPA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, RSUD H. Damanhuri Barabai, seluruh Kecamatan se-HST, serta seluruh Kepala Puskesmas se-HST.

Dil/IB.

Bagikan:

Iklan