infobanua.co.id
Beranda KALTENG Laluhan dan Ngarunya Menambah Meriahnya Perayaan Hari Jadi Kapuas

Laluhan dan Ngarunya Menambah Meriahnya Perayaan Hari Jadi Kapuas

KUALA KAPUAS – Acara puncak perayaan Hari Jadi Kapuas 218 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pemkab Kapuas ke 73,diisi dengan berbagai macam krangkaian kegiatandiantaranya seperti,Laluhan dan ngarunya.

Yang mana kedua kegiatan tersebut merupakan bagian dari adat istiadat dan budaya dari leluhur turun temurun yang harus dilestarikan oleh rei generasi penerus.Seperti yang kita lihat dan saksikan bersama acara laluhan berjalan sukses sesuai harapan kita bersama.

Mengapa harus ada pergelaran lalulah dalam puncak perayaan Harjad Kapuas,itu kembali untuk mengingatkan kita guna mengenang perjuangan para pejuang yang kala itu sedang berperang dengan penjajah yakni kolonial Belanda pada masanya.”Ungak Erlin Hardi Pj Bupati Kapuas,Senin 29 April 2024.

Kemudian lanjur Pj Bupati Kapuas,untuk pergelaran lalulahan sendiri kita laksanakan tepatnya di Dermaga pelabuhan Danau Mare,yang mana nantinya masyarakat saling melempar batang suli dengan target peserta yang mengunakan kapal feri.Dengana adanya saling lempar batang suli oleh warga tadi itu sebagai simbol penganti alat perang yang digunakan pejuang dahulu kala seperti tombak,sipet dan yang lainnya.

Adapun ngarunya nantinya akan dilaksanakan tepatnya depan halaman Rumah Jabatan Bupati Kapuas,tutur Erlin Hardi menambahkan,berbagai rangkaian yang digelar hari ini kita harapkan kedepannya nanti akan dikenal khalayak ramai baik mulai daerah hingga tingkat internasional.”Jelas Pj Bupati Kapuas.(Angga)

Bagikan:

Iklan