infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Libur Panjang KA Diserbu Penumpang

Libur Panjang KA Diserbu Penumpang

Suasana para penumpang di stasiun Blitar.

Blitar, infobanua.co.id – Untuk menikmati libur panjang, rupanya sejumlah warga masyarakat Blitar Raya memanfaatkan jasa transportasi Kereta Api untuk bepergian.

Dari pantauan awak media di Stasiun KA Blitar, ramai dipadati oleh para calon penumpang yang mengantri masuk di pintu masuk stasiun.

Salah satu penumpang Efi warga Tanjungsari, Kota Blitar, menuturkan bahwa dirinya bersama tiga temannya akan ke Yogyakarta liburan.

“Kita memilih Kereta Api karena murah dan aman, apalagi kita sudah akrab sejak kecil dengan perjalanan Kereta Api,” kata Efi sambil tertawa rennyah.

Sementara Manager Humas
PT. Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Kuswardojo, mengatakan, menjelang libur panjang memperingati hari Kenaikan Isa Al Masih, dari Rabu 08-05 hingga Minggu 12-05-24, pihaknya mengoperasikan empat perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh.

KA dengan kapasitas 13.910 tempat duduk telah terjual sebanyak 13.127 (94%) dari kapasitas yang tersedia.

KA siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasinya dalam melakukan mobilisasi aktifitas selama libur panjang.

Salah satunya dengan mengotimalkan menambah Kereta Api tambahan yang dirangkaikan pada KA Singasari dan KA Bangunkarta masing-masing sebanyak satu buah gerbong penumpang eksekutif dengan kapasitas 50 tempat duduk.

“Warga masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Sedangkan loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadual keberangkatan KA,” kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Kuswardojo, Kamis 09-05-2024.

Menurut Kuswardojo, transportasi Kereta Api (KA) memiliki beberapa keunggulan dibanding transportasi darat lainnya.

Diantaranya adalah faktor keselamatan pelanggan, keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, hingga mengurangi kemacetan dan potensi kecelakaan di jalan raya.

“KAI Daop 7 Madiun mencatat tiket yang telah terjual sebanyak 15.203 berdasarkan data penjualan pukul 15.00 WIB kemarin, dengan 13.127 penumpang berasal dari penumpang KA keberangkatan Daop 7 Madiun,” jlentrehnya.

Lebih dalam Kuswardojo, menuturkan bahwa okupansi pelanggan yang akan berangkat dari stasiun keberangkatan Daop 7 Madiun pada 08 hingga 12 Mei 2024 Stasiun Madiun terdapat 4.096 pelanggan, Stasiun Kediri 2.388 pelanggan, Stasiun Jombang 1.310 pelanggan, Stasiun Kertosono 1.113 pelanggan, Stasiun Blitar 1.623 pelanggan, dan Stasiun Tulungagung 1.517 pelanggan.

“Kami menghimbau untuk warga masyarakat yang akan bepergian menggunakan jasa KA agar segera melakukan pemesanan tiket. Sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan. Tapi apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengkombinasikan jadual kereta api yang bersifat persambungan,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan