infobanua.co.id
Beranda Ekonomi Bank Kalsel Menghadirkan Program BEKANTAN untuk Membangun Masa Depan melalui Literasi dan Inklusi Keuangan

Bank Kalsel Menghadirkan Program BEKANTAN untuk Membangun Masa Depan melalui Literasi dan Inklusi Keuangan

Program tersebut secara simbolis diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wakil Walikota Banjarbaru Wartono pada Jumat, 10 Mei 2023 di Lapangan Murjani Banjarbaru.

BANJARBARU, infobanua.co.id– Bank Kalsel merayakan momen penting dengan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Kalimantan Selatan. Program ini diresmikan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wakil Walikota Banjarbaru Wartono pada Jumat, 10 Mei 2023 di Lapangan Murjani Banjarbaru, bersamaan dengan kegiatan Paman Birin Trophy dan Penyerahan Simbolis Undian Simpeda Nasional.

BEKANTAN tidak sekadar memberikan pemahaman tentang lembaga keuangan dan produk perbankan kepada masyarakat, tetapi juga menjadi inovasi dalam model kegiatan yang dirancang untuk mendukung Program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Program ini mengusung konsep Kolaborasi dan Edutainment (edukasi entertainment).

Menurut Fachrudin, Direktur Utama Bank Kalsel, BEKANTAN memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswa di seluruh Kalimantan Selatan. Mereka tidak hanya belajar proses pembukaan rekening, tetapi juga langsung mempraktikkannya dengan melakukan penyetoran tabungan, pengecekan saldo melalui mobile ATM, dan menggunakan layanan mobile banking.

Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan ini memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan keuangan individu dan masyarakat. Untuk mewujudkannya, sinergi antara pemerintah, otoritas, dan lembaga jasa keuangan sangat diperlukan.

Bank Kalsel telah menjalin kerjasama dengan hampir 100 sekolah dari berbagai jenjang di seluruh unit kerjanya. Bahkan, mereka telah berkolaborasi dengan sekolah di Banjarmasin dalam kegiatan Bank Mini, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan vokasi dan pembelajaran nyata tentang jasa keuangan.

“Keberhasilan Program BEKANTAN tidak terlepas dari dukungan otoritas dan pemerintah daerah selama ini. Hari ini, Bank Kalsel dengan bangga meluncurkan Program BEKANTAN sebagai implementasi nyata dari literasi dan inklusi keuangan, sejalan dengan tujuan Program KEJAR dari OJK,” tambah Fachrudin. adv

Bagikan:

Iklan