infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Peringatan Hardiknas di Kabupaten HST “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”

Peringatan Hardiknas di Kabupaten HST “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Hardiknas di kabupaten HST di Lapangan Dwi Warna, Rabu (15/5/2024) dipimpin Wakil Bupati Drs H Mansyah Sabri

Barabai, infobanua.co.id – Upacara Peringatan Hari Pendidikan (Hardiknas) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dilaksanakan dengan khidmat di Lapangan Dwi Warna pada Rabu (15/5/2024). Upacara ini dipimpin oleh Wakil Bupati Drs. H. Mansyah Sabri dan dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Kabupaten HST, para Pimpinan Perangkat Daerah (PD), dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tema yang diusung untuk peringatan Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Upacara ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan pendidikan, terutama Ki Hajar Dewantara, yang merupakan pelopor pendidikan dan pendiri Lembaga Taman Siswa. Ki Hajar Dewantara dikenal karena keberaniannya menentang kebijakan pendidikan kolonial Belanda pada zamannya. Wakil Bupati Mansyah Sabri menyebutkan bahwa pada masa kolonial, hanya golongan kaya yang dapat mengakses pendidikan, sehingga Ki Hajar Dewantara mendirikan Lembaga Taman Siswa sebagai bentuk perlawanan terhadap kebijakan tersebut.

Peringatan ini juga sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pejuang pendidikan yang berjuang untuk meningkatkan taraf kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Dia menyampaikan bahwa melalui gerakan merdeka belajar, kita telah melihat perubahan yang terjadi di sekitar kita, di mana anak-anak Indonesia berani bermimpi dan merasa merdeka dalam proses belajar di kelas.

Upacara ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Pelajar Berprestasi dan Guru Teladan Tingkat Nasional, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka dalam dunia pendidikan.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan