infobanua.co.id
Beranda Daerah PLUT Rawang Painan Dinilai Jadi Punggung Usaha dan Kreativitas Bagi Masyarakat di Pessel

PLUT Rawang Painan Dinilai Jadi Punggung Usaha dan Kreativitas Bagi Masyarakat di Pessel

Sekda Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska didampingi Sekretaris Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja, Jafriwandi dengan para penggiat UMK

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska meminta kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Rawang Painan sebagai panggung usaha dan kreativitas.

Hal itu disampaikan Sekda yang didampingi Sekretaris Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja, Jafriwandi saat berjumpa dengan para penggiat UMK beberapa waktu yang lalu.

“Dari gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Rawang Painan ini, kami menghimbau agar para pelaku usaha dapat menjadikan Sapras ini secara optimal,” jelas Mawardi. Bahkan sebutnya, upaya dan langkah konkrit untuk mengfungsikan PLUT sesuai dengan fungsi yang diharapkan.

“Pemkab telah menyiapkan sarpras bagi pelaku UMKM, silahkan jadikan gedung PLUT ini menjadi rumah bagi pelaku UMKM. Baik dalam memperkuat SDM pelaku, kelembagaan, usaha UMKM (dari hulu sampai ke hilir), mengolah, mengemas, memasarkan, membranding produks dan membangun kemutraan,” sebutnya.

Senada dengan itu, Sekdis Kop,UMKM dan Naker, Jafriwandi menyebutkan beberapa upaya yang akan dilakukan kedepan.

“Para penggiat UMK yang ada sedang memproses MoU dengan Kadis Kop, UMK dan Naker terhadap pengelolaan gedung PLUT ini,” sebut Jafri.

Lanjutnya, para penggiat akan melakukan malam kuliner dan budaya Pasisie setiap hari Sabtu, yang akan digelar pada Sabtu 26 Mei 2024.

“Mulai pukul 15.00 wib s.d 23.00 wib. Waktu ini akan dijajakan berbagai produk kuliner pelaku UMK Pasisie dan penampilan seni budaya rang Pasisie (klasik dan kontemporer:Red),” katanya lagi.

Bahkan setiap Minggu pukul 06.00 – 11.00 WIB, acara Pasisie Car Free Day dan senam massal juga akan dihadirkan berbagai menu kuliner Pasisie.

“Serta sarana untuk cek kesehatan seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, sebagai upaya untuk promotif dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujarnya.

Untuk mematangkan rencana tersebut, para penggiat UMK dan seni budaya yang ada bersama-sama dengan Pemda, Nagari dan stakholders terkait lainnya, dalam minggu depan mengadakan pertemuan di Gedung PLUT.

IB

Bagikan:

Iklan