infobanua.co.id
Beranda Daerah Puskesmas Ranhul di Pessel Berikan Pelayanan Gratis Untuk Penyakit Tidak Menular

Puskesmas Ranhul di Pessel Berikan Pelayanan Gratis Untuk Penyakit Tidak Menular

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM

infobanua, Pesisir Selatan – Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan memberikan pelayanan kesehatan di luar gedung yakni di Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) Nagari Tebing Tinggi Tapan, Rabu (15/5).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM, Rabu (15/5) mengatakan bahwa Posbindu PTM adalah Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular.

“Pelayanan yang dilakukan di Posbindu PTM antara lain, skrining penyakit tidak menular, skrining indera, skrining  iva test dan penemuan kasus TB,  masyarakat datang ke Posbindu PTM untuk pemeriksakan kesehatannya”ungkapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh program puskesmas yang terintegrasi, yaitu Posbindu Penyakit Tidak Menular didampingi oleh Bidan Desa Nagari Tebing Tinggi, Heryanti Viska Yanti, Amd.Keb dan petugas puskesmas.

Skrining  penyakit tidak menular yaitu Tri Merisa Candra, A. Md.Keb, Ns. Sonia Ade Putri, S. Kep, Petugas Skrining, Indera Hesti Wima Putri, S. Tr. Keb dan Indriani S. Keb, Bd, petugas skrining Iva test Jarlen Nurleksmi A.Md.Keb dan Wily Septa Malia, S.Tr.Keb dan petugas TB Dewi Sartika.S.Tr.Kes dan Ns. Afriani. S. Kep.

Pelayanan yang diberikan berupa mengukur tinggi badan, timbang berat badan, mengukur tekanan darah, lingkar perut, cek gula darah, pemeriksaan skrining pendengaran dan penglihatan serta skrining Iva test.

“Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM kepada masyarakat usia produktif 15-59 tahun. Melalui Posbindu PTM dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM,” sebutnya.

IB

Bagikan:

Iklan