infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Pendamping Dana dan Aset Desa, Kejari PPU Launching Jaga Desa

Pendamping Dana dan Aset Desa, Kejari PPU Launching Jaga Desa

Kepala Kejari PPU Faisal Arifuddin

PENAJAM, infobanua.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan kegiatan launching jaga desa, di Desa Girimukti Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Pembangunan desa menjadi kewenangan dari tingakatan pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kejari PPU Faisal Arifuddin dalam sambutannya.

Namun hal ini, ucap Kejari PPU itu pembangunan desa tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dari para pemangku kepentingan dalam mengatasi setiap persoalan yang di desa.

“ Oleh karena itu, sesuai dengan amanat Presiden berkomitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah yakni desa yang tekah tertuang dalam nawacita point ke-tiga,” tuturnya.

Diketahui, Bahwa daerah dengan julukan Benuo Taka memiliki sebanyak 30 Desa, dan tercatat pada tahun 2023 seluruh Desa telah menerima Alokasi Dana Desa (ADD) dengan total sebesar Rp. 134.009.930.052 (seratus tiga puluh empat miliar Sembilan juta Sembilan ratus tiga puluh ribu lima puluh dua rupiah) dan Dana Desa (DD)dengan total sebesar Rp. 28.440.330.000 (dua puluh delapan miliar empat ratus empat puluh juta tiga ratus tiga puluh ribu rupiah),

“ Dengan alokasi anggaran Desa yang besar, diharapkan dapat secara tepat guna, tepat sasaran secara maksimal dipergunakan untuk pembangunan di desa dan meningkatkan mutu serta kesejahteraan masyarakat desa,” harap Faisal.

Lanjutnya, selain program tersebut, Kejari PPU juga melaksanakan pembinaan dan pengawasan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Aset-Aset Desa yang merupakan satu kesatuan roda penggerak pembangunan di Desa.

“ Untuk itu melalui program jaga desa turut meningkatkan pemahaman kepada aparatur desa dalam mewujudkan tata kelola pemerintah desa yang akuntabel,” tutupnya.

Reporter : Ipan
Editor : Syahid Rahman
Uploader : Ibrahim

Bagikan:

Iklan