infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Warga Desa Gejagan Gelar Grebeg dan Kenduren Dalam Rangka Bersih Desa

Warga Desa Gejagan Gelar Grebeg dan Kenduren Dalam Rangka Bersih Desa

Nganjuk,infobanua.co.id – Memasuki Bulan Selo dalam Kalender Jawa tepatnya hari Selasa (21/5/2024) atau 12 selo(kalender jawa),warga Desa Gejagan,Kecamatan Loceret,Kabupaten Nganjuk menggelar tradisi Bersih desa.Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan kenduri di balai desa,di makam leluhur yang diperuntukkan untuk menghormati yang babad desa atau cikal bakal desa, menggelar tradisi jawa seperti langen bekso (tayub) dan grebeg atau kirab hasil bumi dan pertanian yang merupakan wujud syukur kepada Allah SWT. Di Desa Gejagan,Kecamatan Loceret warga desa bersama perangkat desa sangat antusias mengadakan ritual bersih desa berupa kenduri.

Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa sebagai tanda rasa syukur atas berkah & rahmat yang telah diberikan oleh Allah kepada seluruh warga desa gejagan.

Dedy Nawan selaku Kepala Desa Gejagan menjelaskan bahwa acara bersih desa tersebut di awali dengan selamatan di makam, yang di teruskan tasyakuran di Balai desa.Setelah itu siangnya Grebeg atau kirab gunungan yang berisi hasil bumi.Selanjutnya sebagai acara adat yaitu pagelaran langen bekso (tayub) yang di laksanakan selasa malam sebagai acara puncak.

” Acara bersih desa ini di awali dengan selamatan di makam, yang di teruskan dengan tasyakuran lalu ada grebeg gunungan yang berisi hasil bumi dan sebagai acara adat yaitu langen bekso atau tayub,” jelas Dedy.

Dedy juga menambahkan tujuan dilaksanakannya bersih desa tersebut ialah sebagai wujud syukur kepada Allah.swt atas rahmat, berkah dan rejeki yang telah diberikan.

Pihaknya juga berharap dengan dilaksanakan sedekah bumi atau bersih desa ini semoga selalu diberikan rejeki kepada semua warga desa dan di beri kelancaran bekerja pada warga desa gejagan.

“Harapan kami semoga selalu diberikan rejeki oleh Allah.swt kepada semua warga desa dan di berikan kelancaran dalam bekerja,” tandas Dedy.

(Prs)

Bagikan:

Iklan