infobanua.co.id
Beranda KALTENG Pemkab Kapuas Raih Juara ke-3 Kinerja Aksi Konvergensi Stunting di Rembuk Stunting Provinsi Kalteng 2024

Pemkab Kapuas Raih Juara ke-3 Kinerja Aksi Konvergensi Stunting di Rembuk Stunting Provinsi Kalteng 2024

Pemkab Kapuas mendapatkan Apresiasi Penghargaan Juara 3 Kinerja Aksi Konvergensi Stunting yang diterima oleh Sekda Kapuas, Septedy.

KUALA KAPUAS, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kapuas, melalui DP3APPKB, meraih Apresiasi Penghargaan Juara ke-3 Kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting dalam kegiatan Rembuk Stunting Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024. Acara ini berlangsung pada Rabu, 22 Mei 2024, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), secara resmi membuka kegiatan Rembuk Stunting tersebut. Dari Pemkab Kapuas, hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), dr. Tri Setyautami, beserta jajaran.

Dalam sambutannya, H. Edy Pratowo menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat semakin memacu semangat untuk menuntaskan visi dan misi Pemprov Kalteng, terutama dalam membangun sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing, demi mewujudkan Kalteng yang makin BERKAH.

Wakil Gubernur juga menyatakan bahwa Pemprov Kalteng akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergi hasil analisis situasi serta rancangan rencana kegiatan dari Perangkat Daerah penanggung jawab indikator dalam upaya penurunan stunting, terutama di lokasi fokus stunting. Diharapkan, melalui kegiatan Rembuk Stunting ini, akan didapatkan informasi mendetail mengenai berbagai program dan kegiatan percepatan penurunan stunting yang akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota.

“Saya berharap, agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi percepatan penurunan stunting di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, sehingga target capaian penurunan stunting sebesar 15,38% di tahun 2024 akan dapat terealisasi sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung, yang juga merupakan Wakil Ketua TPPS Provinsi Kalteng, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan bersama-sama antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintahan dan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Kapuas mendapatkan Apresiasi Penghargaan Juara 3 Kinerja Aksi Konvergensi Stunting yang diterima oleh Sekda Kapuas, Septedy. Selain itu, dilakukan juga Penandatangan Komitmen Pemkab Kapuas oleh Septedy, serta penandatanganan Komitmen Bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng terkait Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Provinsi Kalteng untuk melaksanakan 10 Aksi PASTI.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto, Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP-PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, para Bupati, Pj. Bupati, dan Pj. Wali Kota se-Kalteng, para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi Kalteng, Kepala Bappedalitbang Kabupaten/Kota se-Kalteng, Satgas Stunting Provinsi Kalteng, serta Ketua TP PKK dan seluruh jajaran TPPS Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Cun/IB

Bagikan:

Iklan