infobanua.co.id
Beranda KALTENG DP3APPKB Kabupaten Kapuas Gelar Apresiasi Duta GenRe 2024, Rahmad Fauzan dan Aufaa Fashihah Terpilih Sebagai Duta GenRe

DP3APPKB Kabupaten Kapuas Gelar Apresiasi Duta GenRe 2024, Rahmad Fauzan dan Aufaa Fashihah Terpilih Sebagai Duta GenRe

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs. Septedy, M.Si. Para juri dalam kegiatan ini adalah Dra. Sri Herliati (Pembina GenRe Tingkat Kabupaten Kapuas), Psikolog Naomi Imaniar, M. Psi., dan Marsello Nicolas (Penasehat Internal Forum GenRe Kabupaten Kapuas).

KUALA KAPUAS, infobanua.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2024. Acara berlangsung di Aula Bappedalitbang Kabupaten Kapuas selama dua hari, mulai 23-24 Mei 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs. Septedy, M.Si. Para juri dalam kegiatan ini adalah Dra. Sri Herliati (Pembina GenRe Tingkat Kabupaten Kapuas), Psikolog Naomi Imaniar, M. Psi., dan Marsello Nicolas (Penasehat Internal Forum GenRe Kabupaten Kapuas).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, perwakilan Disparbudpora, Dinas Kominfosanfik, Camat Selat dan Ketua TP. PKK Kecamatan Selat, Camat Basarang dan Ketua TP. PKK Kecamatan Basarang, Kepala Sekolah SMAN/MAN Kapuas, Pembina PIK-Remaja, orang tua peserta, serta Jagau Linga dan Bawi Kameloh Pariwisata dan OPD lainnya.

Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Pj. Bupati menyatakan bahwa pemerintah sedang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pencegahan stunting, yang penting untuk kualitas daya saing generasi masa depan menyongsong bonus demografi Indonesia Emas 2045.

“Kita diingatkan bahwa generasi muda adalah harapan bangsa, dan kualitas mereka adalah kunci utama dalam mencapai kesejahteraan bangsa melalui bonus demografi. Perencanaan yang baik mencakup berbagai aspek, mulai dari kesiapan usia, emosi, fisik, hingga kesiapan intelektual dan finansial,” ujar Septedy.

Beliau juga menekankan pentingnya peran strategis remaja dalam pencegahan stunting dari hulu. Dengan mempersiapkan diri menjadi generasi yang sehat dan berpengetahuan, remaja dapat memberikan kontribusi besar dalam mengurangi angka stunting melalui perilaku dan kebiasaan sehat sejak dini.

Sekda Kapuas percaya bahwa melalui program GenRe dan kegiatan seperti pemilihan duta ini, dapat menyediakan platform yang tepat bagi remaja agar lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Duta GenRe yang terpilih nantinya diharapkan dapat menjadi role model bagi remaja lainnya, menunjukkan bahwa “Berencana Itu Keren” dan penting untuk kehidupan yang lebih baik.

Dr. Tri Setyautami, MPHM, menjelaskan bahwa remaja usia 16 hingga 24 tahun harus memiliki keterampilan yang mempersiapkan mereka untuk kehidupan berkeluarga, terutama kesehatan reproduksi, serta menjadi role model untuk mengajak teman-teman merencanakan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

“Saya berharap Duta GenRe akan menjadi virus positif bagi generasi muda Kapuas untuk merencanakan masa depan yang lebih baik dan menghindari pernikahan dini serta pergaulan bebas,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Grand Final pemilihan Duta GenRe Tingkat Kabupaten Kapuas, sembilan calon Duta GenRe mengikuti rangkaian seleksi yang terdiri dari 14 Days Challenge, Tes Tertulis, Tes Wawancara, Tes Kepribadian, Unjuk Bakat, dan menjawab pertanyaan dari tim juri. Setelah melalui seleksi yang ketat, terpilihlah Rahmad Fauzan dari kelas XI IPA 4 PIK-R LAVENDER MAN KAPUAS sebagai Duta GenRe Putra, dan Aufaa Fashihah Putri dari kelas X2 PIK-R LAVENDER MAN KAPUAS sebagai Duta GenRe Putri.

Cun/IB

Bagikan:

Iklan