infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Gunungan Tumpeng Warnai Prosesi Nyadran Desa Kemlokolegi

Gunungan Tumpeng Warnai Prosesi Nyadran Desa Kemlokolegi

Nganjuk,infobanua.co.id – Seluruh warga Desa Kemlokolegi bersama Pemerintah Desa Kemlokolegi,Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk mengadakan nyadran atau bersih desa pada Jum’at (24/5/2024) di Pendopo Kantor Desa Kemlokolegi.Berbagai jenis hasil bumi dan pertanian disajikan oleh warga desa untuk prosesi nyadran.Hal tersebut sebagai wujud rasa syukur warga desa kepada Allah.swt karena telah diberikan berkah,rejeki,terutama kelancaran dalam bidang pertanian.Kepala Desa (Kades) Kemlokolegi Januar Arif Gunawan menjelaskan,acara bersih desa ini adalah adat dan tradisi yang rutin digelar tiap tahun.

Nyadran atau bersih desa merupakan wujud rasa syukur kepada Allah.swt atas rezeki dan rahmat yang diberikan.

“Serta juga sebagai bentuk upaya untuk terus nguri-nguri atau melestarikan adat budaya kita.Acara bersih desa Kemlokolegi diawali dengan kirab gunungan tumpeng yang disertai iringan drum band dan menggelar selamatan di Balai Desa dengan diiringi oleh gamelan jawa oleh Karawitan Mardi Laras Iromo,” jelas Kades Kemlokolegi Januar Arif Gunawan.

Arif menerangkan,setelah acara selamatan dilaksanakan,pihak pemerintah desa menggelar kesenian atau hiburan Karawitan Mardi Laras Iromo.

“Untuk rangkaian acara selanjutnya,nanti kita juga mengadakan kegiatan spiritual yaitu pengajian yang diisi dengan tausyiah,” terang Kades Arif.

Perlu diketahui acara bersih desa ini dihadiri oleh Forkopimcam Baron,sesepuh desa,tokoh masyarakat,perangkat desa, kelompok tani,Bhabinkamtibmas.

Ditambahkan juga oleh Arif kegiatan bersih desa adalah tradisi yang sudah turun temurun sekaligus juga sebagai upaya melestarikan budaya bangsa. Tujuan bersih desa tersebut bukan sekedar membersihkan lingkungan saja,namun bersih di luar (lahiriah)
dan juga bersih di dalam (batiniah).

Acara bersih desa ini tak hanya diikuti oleh perangkat dan sesepuh desa,tetapi seluruh warga yang berada di Desa Kemlokolegi karena sebagai wujud menghormati leluhur atau cikal bakal desa.

“Acara ini merupakan wujud keguyuban warga desa dalam melestarikan adat dan budaya serta kearifan lokal.Semoga
acara bersih desa ini bisa memotivasi seluruh warga Desa Kemlokolegi agar semakin guyub rukun dan bergotong-royong,” tandas Arif.

(prs)

Bagikan:

Iklan