Categories: Barito Kuala

Diskominfo Barito Kuala Dorong SKPD untuk Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

Marabahan, infobanua.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Barito Kuala, Hery Sasmita, S.STP M.AP, mengajak seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyadari pentingnya keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Ajakan ini disampaikan saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik dan Koordinasi Pengelolaan Website SKPD yang diselenggarakan oleh Diskominfo Barito Kuala, pada Senin (27/5/2024).

Menurut Hery Sasmita, salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, maka penyelenggaraan negara makin dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Hery Sasmita berharap melalui Bimtek Jurnalistik dan Pengelolaan Website SKPD, seluruh petugas admin website dapat mengaktifkan kembali sub domain website yang sudah dimiliki. Ia menekankan bahwa media komunikasi publik seperti media sosial dan website merupakan sarana publikasi yang dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai bagian dari pertanggungjawaban dalam mengabdi dan melayani masyarakat.

Bimtek ini memberikan pengarahan tentang teknik penulisan berita yang disampaikan oleh Bastian Alkaf, redaktur dari media online Bakabar.com. Selain itu, materi panduan teknis mengoperasikan website SKPD disampaikan oleh Noor Rahmat Effendy. Acara bimtek ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana peserta dapat langsung berkonsultasi dengan para narasumber.

Hery Sasmita berharap, melalui bimtek ini, kualitas pengelolaan informasi dan layanan publik melalui website SKPD dapat terus ditingkatkan. Dengan demikian, masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya dengan mudah. “Kami berharap bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan admin website SKPD dalam mengelola informasi, sehingga keterbukaan informasi publik dapat terwujud dengan baik,” tutupnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Barito Kuala, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap layanan informasi yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Nang

infobanua

Recent Posts

Pasca Rekom Turun, PDI Perjuangan Gencar Menjalin Komunikasi Dengan Parpol Lain

Blitar, infobanua.co.id - Pasca DPP PDI Perjuangan mengamanatkan pasangan Bambang Rianto alias Bambang Kawit-Bayu Setyo…

4 jam ago

Fathur: Berobat Mahal Bukan Jadi Masalah, Program JKN Solusinya

Banjarmasin, infobanua.co.id – Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga saat ini memang sudah terbukti…

9 jam ago

Bupati HST Raih PGM Award Tahun 2024

Barabai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menerima penghargaan Perkumpulan Guru…

11 jam ago

Pesan Bupati Nunukan di Tasyakuran Dirosa Wahdah Islamiyah

Nunukan, infobanua.co.id - Pemerintah daerah kab Nunukan melalui Bupati diwakili Kepala DSP3A (Dinas Sosial, Pemberdayaan…

11 jam ago

Kapolres Kotabaru Gelar Silaturahmi untuk Perkuat Sinergi Menjelang Pilkada 2024

Kotabaru, infobanua.co.id – Pada Selasa, 30 Juli 2024, ruang Bupati Kotabaru menjadi saksi pertemuan penting…

11 jam ago

Api lahap 10 rumah di Jalan Sei Kuyang Gang Ramah Teluk Bayur

BERAU, infobanua,co.id - Kebakaran melanda rumah di jalan Sei Kuyang, Teluk Bayur, Gang Ramah RT…

12 jam ago