Categories: BANJARMASIN

Paman Birin Berikan Penghargaan pada Dinas Kehutanan sebagai Terbaik dalam Perkantoran Ramah Lingkungan

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui perwakilannya, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso, memberikan Penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel. Acara penghargaan tersebut diselenggarakan di Gedung DR KH Idham Khalid Banjarbaru, Selasa (28/5/2024)

Penyerahan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap SKPD yang telah menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dalam pengelolaan kantor mereka. Langkah ini sejalan dengan inisiatif Paman Birin melalui Dinas Lingkungan Hidup Kalsel untuk menciptakan lingkungan yang hijau, asri, dan berkelanjutan.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Adi Santoso, Paman Birin menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif karena dapat menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Dia juga menegaskan bahwa menjaga lingkungan bukan hanya mungkin dilakukan, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi operasional kantor serta kesejahteraan pegawai di dalamnya.

Penghargaan ini merupakan hasil dari penilaian yang dilakukan terhadap SKPD oleh tim penilai yang ditetapkan oleh Gubernur. Penilaian ini meliputi berbagai aspek, seperti kebijakan pimpinan, pengelolaan sampah, efisiensi energi, ruang terbuka hijau, kenyamanan, keindahan, pengadaan barang peralatan kantor yang ramah lingkungan, serta penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Dalam penilaian tersebut, Dinas Kehutanan Kalsel berhasil meraih peringkat pertama dengan nilai 75,57, masuk dalam kategori baik. Ini diikuti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel pada peringkat kedua dan ketiga.

Acara ini juga menjadi wadah untuk menghimpun aspirasi dan harapan dari berbagai pemangku kepentingan demi peningkatan layanan yang ada. Selain itu, dalam upaya penyelarasan dengan program nasional, program perkantoran ramah lingkungan di Kalsel kini bertransformasi menjadi program perkantoran rendah karbon dan berketahanan iklim.

Penghargaan ini juga menjadi langkah nyata dalam upaya mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. Penyelenggaraan acara ini dihadiri oleh para Asisten Gubernur dan seluruh Kepala SKPD lingkup Kalsel sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Fad/IB
infobanua

Recent Posts

Bank Kalsel dan UPZ Bakti Kolaborasi Percepat Penurunan Stunting di Barito Kuala dan Tapin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gizi buruk (stunting) merupakan masalah serius yang menghambat pertumbuhan anak-anak dan berdampak…

4 jam ago

XL Axiata Perkuat Jaringan 4G Siap Dukung Kesuksesan PON XXI 2024 di Aceh – Sumut

MEDAN, 7 SEPTEMBER 2024. PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan berkualitas guna…

6 jam ago

Anggota DPRD Kaltara Muhammad Nasir Fokus pada Peningkatan Ekonomi dan Pengawasan Tambang di Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – Baru saja dilantik, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara langsung menggelar…

6 jam ago

Bandar Tramadol dan Eximer Diduga Ada Deal Tangan Dengan Aparat Penegak Hukum Setempat dan Terkoordinir

infobanua, Jakarta - Penjualan obat tipe G golongan HCL diwilayah jl. Raya Penggilingan kecamatan cakung…

6 jam ago

Jakarta Timur Menjadi Aset Bandar Pil Koplo Jenis Tramadol dan Hexymer Diduga Ada Deal Tangan Aparat Penegak Hukum Setempat dan Terkoordinir

infobanua, Jakarta – Penjualan obat tipe G golongan HCL diwilayah kecamatan cakung terorganisir dan diduga…

6 jam ago

Krisis Air Bersih Wilayah Selatan Harus Teratasi

Sampit, infobanua.co.id – Salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rudianur minta Pemerintah Daerah harus…

10 jam ago