infobanua.co.id
Beranda Daerah Peringati Hari Lanjut Usia, Wali Kota Depok Resmikan Tenteram Senior Care

Peringati Hari Lanjut Usia, Wali Kota Depok Resmikan Tenteram Senior Care

Kembali, RSUI berkolaborasi bersama Tenteram Senior Care (alumni FEB UI angkatan 1983 – Wonder83) dan didukung oleh Indonesia Ramah Lansia serta Yayasan Alzheimer’s Indonesia meluncurkan program Senior Day Care. Kegiatan yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Depok, Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA., ini sekaligus diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh rabu, (29/05/24).

Depok, infobanua.co.id – Penduduk lansia merupakan mereka yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas, saat ini jumlah populasi lansia mencapai 11,75% di Indonesia. Untuk itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian dan upaya pemeliharaan kesehatan bagi kelompok lanjut usia agar mereka tetap sehat secara fisik, mental, spiritual, dan sosial.

Direktur Tenteram Senior Care, Yanti Djani mengatakan“Kami memerlukan wadah untuk mewujudkan kepedulian dan pemberdayaan masyarakat lansia (senior people) termasuk sahabat Wonder83 yang juga memasuki usia lansia. Program ini hadir setiap hari Rabu pukul 09.00 -15.00 berlokasi di Gedung Administrasi Lt. 4 RSUI, di mana para lansia bisa berinteraksi dan menciptakan kegiatan bermakna agar tetap bahagia, sehat dan berdaya.” tuturnya.

Senior Day Care hadir sebagai solusi untuk menangani kebutuhan lansia dengan pendekatan yang holistik. Program ini dirancang untuk memberikan perhatian menyeluruh terhadap berbagai aspek kehidupan lansia dalam meningkatkan kualitas hidup mereka agar mencapai tingkat kebahagiaan, kesehatan, dan kemandirian yang optimal.

Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH mengatakan “Memilih RSUI sebagai tempat untuk melangsungkan program ini merupakan hal yang tepat karena kami memiliki Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri dan juga para dokter dengan beragam kompetensi untuk mendukung layanan terbaik bagi para lansia, jadi saat para lansia membutuhkan sharing kesehatan bisa kami hadirkan dari ahlinya. Semoga ke depannya dapat terus berkolaborasi dan bisa dikembangkan, mudah-mudahan hadirnya RSUI bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk lansia yang lebih sehat” ujarnya saat memberi sambutan.

Peserta diajak untuk memiliki perspektif yang holistik terkait kesehatan mental dan fisik, interaksi sosial di keluarga dan masyarakat, serta kemandirian. Program ini akan membantu lansia dalam menjaga keaktifan dan mendukung hidup produktif.

Walikota Depok, Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA., juga turut menuturkan dukungannya terhadap program yang membuat lansia semakin produktif.

“Kolaborasi ini sangat bermanfaat memberikan ruang bagi mereka untuk terus berkembang. Kami berharap dengan terselenggaranya Senior Day Care ini, lansia akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk tetap hidup sehat.” tuturnya.

Bentuk dukungan program Senior Day Care juga disampaikan oleh Yayasan Alzheimer’s Indonesia (ALZI). “ALZI dengan senang ikut berpartisipasi dalam menjalankan program senior day care yang berisi berbagai kegiatan yang berfokus pada kesehatan, fisik, sosial, maupun seni untuk mewujudkan rasa bahagia, kondisi sehat jiwa raga dan berdayaguna untuk para lansia yang mengikutinya”. ujar DY Suharya – Founder Alzheimer’s Indonesia.

Peresmian ini menandai komitmen bersama berbagai pihak untuk memberikan dukungan bagi lansia untuk tetap aktif dan berdaya di kehidupan sehari-hari. (Wahyu)

Bagikan:

Iklan