infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Pemkab HSS Gelar Temu Teknis Penyuluh dan Petani untuk Peningkatan Produksi dan Swasembada Pangan

Pemkab HSS Gelar Temu Teknis Penyuluh dan Petani untuk Peningkatan Produksi dan Swasembada Pangan

Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan kegiatan “Temu Teknis Penyuluh dan Petani” pada Kamis, 30 Mei 2024. Acara tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah

Kandangan, infobanua.co.id – Dalam upaya mendukung peningkatan produksi dan swasembada pangan, sekaligus berkontribusi pada pengembangan Ibu Kota Negara (IKN), Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan kegiatan “Temu Teknis Penyuluh dan Petani” pada Kamis, 30 Mei 2024. Acara tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah, MM, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. HSS, H. Muhammad Noor, SP.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk para penyuluh pertanian, petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), penyuluh petani swadaya, kelompok tani nelayan andalan (KTNA), perwakilan gapoktan, kelompok tani se-Kabupaten HSS, perwakilan petani milenial, serta karyawan Dinas Pertanian.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian HSS menekankan pentingnya meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan penyuluh pertanian. Ia juga mendorong penyuluh untuk memotivasi generasi muda di HSS menjadi petani milenial yang mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam konsep “Smart Farming.” Hal ini dinilai penting dalam meregenerasi petani yang mayoritas berusia lanjut dan mengatasi tantangan pertanian di era modern.

“Penyuluh harus bisa menjembatani kebutuhan petani dengan kebijakan serta program pemerintah, baik dari dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN. Kepekaan terhadap tantangan pertanian akan membantu kita mencapai kemajuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Hermansyah menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Menurutnya, Temu Teknis Penyuluh dan Petani merupakan langkah strategis untuk memperkuat sektor pertanian di HSS. “Acara ini sangat penting dalam mendukung upaya peningkatan produksi pertanian yang akan membawa kita menuju swasembada pangan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya koordinasi yang kuat antara penyuluh dan petani, diharapkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan dapat tercapai.

Sebagai penutup acara, Pj Bupati HSS memberikan penghargaan kepada petani dan penyuluh berprestasi dalam bidang pertanian, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka dalam mendukung program pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bagikan:

Iklan