infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Disdukcapil PPU Catat Pertumbuhan Penduduk Tahun Ini Mencapai 5000 Jiwa

Disdukcapil PPU Catat Pertumbuhan Penduduk Tahun Ini Mencapai 5000 Jiwa

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) PPU, Waluyo

PENAJAM, Infobanua.co.id, — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sebanyak 196 ribu jiwa lebih jumlah penduduk yang tersebar di empat kecamatan, sementara diakhir Desember lalu yakni 197.757 maka dari itu terdapat peningkatan.

“Ada peningkatan sekitar seribuan lebih dari akhir Desember sampai dengan akhir April tahun ini mungkin pengaruh Ibu Kota Nusantara (IKN), itu masih dinamis, bisa jadi akan lebih dibulan Juni,” ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Waluyo, Selasa (04/06/2024)

Ia mengatakan, pertumbuhan penduduk ini dikarenkan adanya pendatang baru kemudian ada yang berpindah keluar daerah dan juga anak yang baru lahir.

“ Januari hingga Juni mendatang saya perkirakan sekitar 3.000 penambahan jumlah penduduk akan tetapi itu masih global, karena ada bayi baru lahir, ada pendatang, dan ada yang berpindah, sebenarnya kalau tidak ada yang keluar bisa jadi mencapai 5.000 tambahan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa, sampai saat ini jumlah pendatang ke Kecamatan Penajam lebih membludak ketimbang Kecamatan sepaku yang nota bene ditunjuk sebagai IKN.

“Mereka Malah banyak yang berpindah Ke Penajam daripada ke Sepaku yang ditunjuk sebagai Ikn,” sambungnya.

Mengenai alasan masyarakat berpindah penduduk ke Kabupaten yang kerap disebut Benuo Taka ini sebagian besar mencari pekerjaan.

“Mungkin karena induk dari PPU ini ada di Kecamatan penajam, kemudian juga banyak yang mencari pekerjaan, ada juga yang ikut suami mungkin itu alasan mereka berpindah,” pungkasnya.(Adv)

Bagikan:

Iklan