infobanua.co.id
Beranda Daerah Lantik Majelis Pembina dan Pengawas PPAT, Menteri AHY: Kita Cegah Mafia Tanah

Lantik Majelis Pembina dan Pengawas PPAT, Menteri AHY: Kita Cegah Mafia Tanah

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Ketua beserta Anggota Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Pusat (MPPP) serta Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Wilayah (MPPW).

Jakarta, infobanua.co.id– Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melantik Ketua dan Anggota Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Pusat (MPPP) serta Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Wilayah (MPPW) di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta. Sebanyak 36 anggota MPPP dan MPPW dilantik secara daring dan luring pada Senin (03/06/2024).

Dalam sambutannya, Menteri AHY menekankan pentingnya peran PPAT dalam mendukung pemberantasan praktik mafia tanah. Saat ini, terdapat 21.768 PPAT yang telah terverifikasi. Dengan kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN, diharapkan PPAT dapat berkontribusi signifikan dalam mencegah kejahatan pertanahan.

“Kita ingin mencegah praktik-praktik kejahatan pertanahan, termasuk yang dilakukan oleh para mafia tanah. Kita ingin membangun PPAT yang semakin profesional, berkapasitas tinggi, dan berintegritas baik,” ujar Menteri AHY.

Untuk mencapai tujuan tersebut, MPPP dan MPPW diinstruksikan untuk memperkuat pembinaan dan pengawasan terhadap PPAT sesuai dengan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah. “Pertama, pastikan PPAT menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan kode etik. Kedua, lakukan pemeriksaan periodik ke kantor-kantor PPAT sebagai bentuk pengawasan,” tegas AHY.

Menteri ATR/BPN juga menekankan pentingnya tindakan tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh PPAT. “Semoga tidak banyak pelanggaran yang terjadi. Semoga kita semua semakin berintegritas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menteri AHY menyampaikan bahwa sinergi antara Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan Kantor Pertanahan dengan PPAT tidak hanya akan membaik, tetapi juga akan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

“Selamat menjalankan tugas. Semoga MPPP dan MPPW dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mencapai kemajuan yang signifikan. Mari kita bergandengan tangan untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat,” tutur AHY.

Dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT), Asnaedi, dilantik sebagai Ketua MPPP. Turut hadir Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Staf Khusus, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Tenaga Ahli, serta jajaran Direktorat Jenderal PHPT Kementerian ATR/BPN.

(Ria)

Bagikan:

Iklan