infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Terus Upayakan Tekan Inflasi

Pemkab Kotim Terus Upayakan Tekan Inflasi

Bupati Kotim Halikinnor.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) terus berupaya untuk menekan inflasi yang terjadi di wilayah ini.

Diantaranya dengan meningkatkan koordinasi dengan semua pihak, terutama pada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kotim.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan hal itu menurutnya sesuai dengan arahan dari Presiden, yang meminta setiap Kepala Daerah untuk dapat berkoordinasi dengan TPID agar inflasi yang terjadi di daerah bisa dikendalikan dengan baik.

” Untuk komoditas yang harganya beranjak naik, harus segera diupayakan pasokannya kembali normal supaya harga di pasaran tidak sampai melonjak tinggi,” katanya.

Berdasarkan pantauannya, menurut Halikinnor, sejauh ini inflasi yang terjadi di Kota Sampit masih terkendali. Beberapa komoditas diakuinya adanyang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang merah, telur ayam ras dan ayam ras potong .

Dikatakannya Pemerintah Daerah terus memantau perkembangan harga kebutuhan. Tujuannya supaya bisa dilakukan langkah cepat untuk mencegah lonjakan inflasi jika ada komoditas yang harganya melambung tinggi.

Halikinnor juga menyampaikan jika ada sejumlah faktor pemicu peningkatan inflasi di wilayah ini yaitu meningkatnya permintaan barang seperti saat hari besar keagamaan, tahun ajaran baru, serta akibat psikologis masyarakat. Penurunan jumlah penawaran yang disebabkan berkurangnya hasil panen, akibat faktor cuaca seperti saat ini, juga mempengaruhi transportasi sehingga berdampak pada stok. Faktor lainnya yang menjadi pemicu inflasi yaitu terhambatnya distribusi barang akibat kendala infrastruktur. Selain itu bisa juga akibat dampak kebijakan pemerintah seperti kenaikan listrik, cukai rokok dan lain-lain.

” Menyikapi kondisi ini saya juga sudah menginstruksikan agar instansi terkait untuk dapat terus aktif dalam melakukan pemantauan dan pengawasan harga,” pungkasnya. Zainal.

Bagikan:

Iklan