infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Pemkab Purwakarta Bagikan 33 Traktor, Dukung Petani Meningkatkan Produksi

Pemkab Purwakarta Bagikan 33 Traktor, Dukung Petani Meningkatkan Produksi

Penyerahan traktor di Kantor Dispangtan Purwakarta, 6 Juni 2024

Purwakarta, infobanua.co.id – Kamis, 6 Juni 2024. Dalam upaya mendukung petani dan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Purwakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menyerahkan 33 unit traktor roda dua kepada kelompok tani. Bantuan ini diharapkan dapat membantu petani mengolah lahan lebih cepat dan efisien.

Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, hadir dalam acara penyerahan ini dan memberikan traktor secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani. Beliau berharap bantuan ini dapat mendongkrak hasil pertanian di daerah tersebut.

Dengan bantuan ini, kami ingin memastikan petani dapat memaksimalkan musim tanam dan meningkatkan produktivitas mereka,” ujar Kepala Dispangtan Purwakarta, Sri Jaya Midan.

Bantuan traktor ini merupakan bagian dari program Kementerian Pertanian untuk mempercepat pengolahan tanah. Sri Jaya Midan menjelaskan bahwa target produksi padi pada musim panen berikutnya, yang diperkirakan terjadi pada Oktober 2024, adalah 3.600 ton. Pada musim panen sebelumnya, produksi mengalami penurunan sebesar 2.800 ton akibat cuaca ekstrem El Niño. “Dengan alat-alat ini, kami optimis target panen dapat tercapai,” katanya.

Dispangtan juga berencana mengajukan tambahan bantuan seperti benih dan alat pertanian lainnya untuk meningkatkan hasil produksi. Saat ini, bantuan traktor baru mencakup sekitar 6.000 hektar dari total 17.900 hektar lahan tanam di Purwakarta. Ke depannya, kita akan terus mengusulkan bantuan sesuai anggaran yang tersedia,” tambah Midan.

Sri Jaya Midan mengungkapkan bahwa akibat El Niño, terjadi penurunan produksi yang cukup signifikan. Namun, dengan upaya yang dilakukan, sudah ada perbaikan sebesar 77% dari target yang ingin dicapai. “Kami juga siap menggunakan drone untuk mengendalikan hama jika terjadi serangan masif. Ini akan membantu menjaga kesehatan tanaman dan meningkatkan produksi,” ujarnya.

Ketersediaan bahan pangan yang cukup diharapkan dapat membantu menekan angka inflasi di Purwakarta. “Dengan ketersediaan pangan yang stabil, harga bisa terkendali dan lebih terjangkau bagi masyarakat. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani,” tutup Sri Jaya Midan.

Reporter: Dodi Junaedi

Bagikan:

Iklan