infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pemkab Tingkatkan Pantauan Kesehatan Hewan Kurban

Pemkab Tingkatkan Pantauan Kesehatan Hewan Kurban

Kadis Pertanian dan ketahanan pangan Kotim,Sepnita.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Jelang pelaksanaan hari raya idul adha atau hari raya kurban nanti, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meningkatkan pemantauan terhadap kesehatan hewan kurban seperti sapi dan kambing.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotim Sepnita mengatakan pemeriksaan kesehatan untuk hewan sudah mulai dilaksanakan sejak H minus 7 pelaksanaan idul adha sampai pada hari H.

Dikatakannya sebelum disembelih hewan kurban yakni sapi maupun kambing terlebih dahulu menjalani pemeriksaan sebanyak dua tahap yaitu tahap antemortem atau pemeriksaan sebelum disembelih, dan postmortem atau pemeriksaan sesudah disembelih. Dimana pemeriksaan ante mortem dilihat dari fisik luar hewan seperti pemeriksaan bulu, gerak, nafsu makan, cara bernafas, lubang kumalah, suhu badan hingga tinja dan urin hewan.

“Jadi kalau post mortem itu mencakup pemeriksaan limpa, hati, paru-paru, jantung, dan usus hewan. Kalau ada yang bermasalah seperti ada cacing atau lainnya ,segera kita singkirkan dan buang supaya tidak dikonsumsi warga,” tuturnya.

Namun ia memprediksi kesehatan hewan kurban nampaknya akan aman sebab pihaknya sendiri secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan baik secara berkala maupun ketika hewan tersebut baru masuk ke kotim.

” Pemeriksaan ini juga sebagai antisipasi masuknya hewan ternak yang memiliki penyakit berbahaya seperti antrax dan lainnya,” ucapnya. Zainal.

Bagikan:

Iklan