Categories: BANJAR

Wabup Banjar Resmikan Masjid Sayyid Machmud

Martapura, infobanua.co.id – Atas nama pribadi dan pemerintah daerah ia menyambut baik dan turut berbangga atas diresmikannya masjid sekaligus kegiatan haul. Dikarenakan mengandung nilai-nilai islam yang dapat membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman bagi semua.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyi saat meresmikan Masjid Sayyid Machmud sekaligus peringatan Haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, di Jalan Sekumpul Ujung Kecamatan Martapura, Minggu (9/6/2024) pagi.

Habib Idrus berharap kepada pengurus masjid dan warga sekitar agar sama-sama menjaga, merawat, memfungsikan dan memakmurkan masjid tersebut. Tidak hanya untuk ritual ibadah seperti salat dan membaca Al quran, tetapi juga bisa dijadikan tempat pengembangan dakwah atau majelis, pendidikan serta kegiatan sosial.

“Semoga masjid ini dapat memancarkan cahaya islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan,  persaudaraan dan kerukunan umat serta membawa keberkahan,” harapnya.

Selain meresmikan masjid juga digelar peringatan haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, seseorang yang telah memberikan spirit keagamaan bagi umat islam.
Beliau dijadikan sebagai teladan orang-orang makrifat, pemimpin para syech dan dikaruniai maqam serta karomah.

“Salah satu karomahnya yang paling menarik dan terus diingat sampai sekarang adalah namanya yang terus disebut, didoakan dan dibaca dalam tawasul sampai sekarang oleh jutaan umat islam di belahan dunia,” kata Habib Idrus.

Kegiatan haul diisi dengan pembacaan manaqib almarhum oleh Guru H Muhammad Rofi’i serta tahlil, zikir dan doa.

Sementara tausiah disampaikan oleh Habib Husein As Segaf dari Lawang Jawa Timur yang menyampaikan tentang keutamaan, pahala membangun masjid serta memakmurkan masjid.

“Masjid bukan hanya untuk salat lima waktu tapi juga untuk membaca Al quran, iktiqaf dan ibadah lainnya,” ujarnya.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

DPRD Nunukan Berikan Persetujuan Resmi untuk Raperda APBD 2023 dengan Catatan Evaluasi Kinerja

NUNUKAN- DPRD Kabupaten Nunukan Gelar Rapat Paripurna ke-12 untuk Pengambilan Keputusan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun…

29 menit ago

Paripurna DPRD Kotabaru Setujui Dua Raperda Menjadi Perda

KOTABARU-Infobanua.co.id:Rapat paripurna DPRD kabupaten kotabaru membahas tentang laporan akhir proses pembahasan pansus DPRD kabupaten kotabaru…

38 menit ago

Pemkab Kotabaru dan ULM Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

KOTABARU-Infobanua.co.id: Pemerintah Kabupaten Kotabaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM)…

40 menit ago

Kue Talam, Kuliner Aur Duri Surantih Jadi Favorit Bupati Rusma Yul Anwar

Info Banua--Selalu tampil sederhana dan gemar turun ditengah-tengah masyarakat tanpa memandang status sosial, ternyata kue…

41 menit ago

Pemkab Pesisir Selatan Berikan Bantuan Sepeda Motor Untuk Petugas PKH

Info Banua-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan 16 unit sepeda motor untuk mendukung kinerja…

4 jam ago

Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel, Supian HK Berharap Sinergi BPK Dengan Pemprov Semakin Baik

Banjarbaru – Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) harapkan kolaborasi dan sinergi antara Badan Pemeriksa Keuangan…

4 jam ago