infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Banjarbaru Raih Surplus APBD 2023, Rapat Paripurna Bahas Raperda Pertanggungjawaban

Banjarbaru Raih Surplus APBD 2023, Rapat Paripurna Bahas Raperda Pertanggungjawaban

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah Akbar dan Wakil Ketua 1 Taufik, Rachman, Wakil Ketua 2 Napsiani Samandi. Dihadiri Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin dan Wakil Wali Kota Wartono

Banjarbaru, Infobanua.co.id – DPRD Kota Banjarbaru menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian satu Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023. Rapat ini berlangsung di Ruang Graha Paripurna DPRD Kota Banjarbaru pada Senin (10/06/2024).

Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh para anggota DPRD Kota Banjarbaru, seluruh kepala perangkat daerah, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait. Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah, membuka rapat dengan menyampaikan bahwa proses pengajuan Raperda tersebut telah terlaksana.

Dalam agenda utama rapat, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023. Wali Kota Aditya mengemukakan ringkasan realisasi anggaran serta capaian program dan kegiatan yang telah dilakukan.

Aditya menyatakan bahwa dengan berbagai upaya yang dilakukan, Pemerintah Daerah berhasil mengelola anggaran dengan baik pada tahun 2023, sehingga mencapai surplus dan melebihi target pendapatan yang telah ditetapkan.

“Seperti yang telah kami sampaikan, pada tahun 2023 kita mengalami surplus. Dengan anggaran perubahan APBD, kita berada di angka lebih dari satu setengah triliun rupiah, dan realisasi PAD juga berada di atas 115,02 persen,” ungkapnya.

Wali Kota Aditya juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru akan terus berupaya meningkatkan kemandirian daerah melalui optimalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemerintah bertekad untuk menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki agar Banjarbaru bisa menjadi kota yang mandiri dan sejahtera.

“Mudah-mudahan, dengan meningkatnya APBD dan PAD, berdampak kepada kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan ini akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan, agar Banjarbaru dapat menjadi kota yang mandiri. Kita bisa hidup mandiri, tentunya potensi-potensi yang ada harus terus digali dan ditingkatkan,” kata Aditya.

Raperda tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh para fraksi pada Selasa (11/06/2024). Proses ini diharapkan dapat selesai dengan baik agar Raperda tersebut bisa segera disahkan menjadi Peraturan Daerah.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan