infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Kotim Hadiri Kegiatan Gebyar Talenta P5

Kotim Hadiri Kegiatan Gebyar Talenta P5

Wabup Kotim, Irawati.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati menghadiri kegiatan gebyar talenta projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDN 3 Mentawa Baru Hulu Senin (10/6/2024). Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kotim Muhammad Irfansyah, Irawati juga membuka kegiatan yang dikhususkan kepada peserta didik 1,2,4 dan 5 itu.

Dalam sambutannya Bupati Kotim Halikinnor yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kotim Irawati mengatakan Pemkab Kotim mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk pengimplementasian kurikulum merdeka terhadap perserta didik kelas 1, 2, 4, dan 5 tahun pelajaran 2023/2024.

” Kegiatan P5 ini diharapkan mengoptimalkan kemampuan peserta didik menguatkan karakter pencapaian profil pancasila. membentuk religius, mandiri, disiplin, kreatif dan berani,” katanya.

Dirinya menilai pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan bangsa. Sejalan dengan itu, penguatan profil pelajar pancasila adalah upaya strategis dalam mencetak generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter kuat yang berlandaskan pada nilai-nilai pancasila. Inisiatif ini sangat penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas, toleransi, dan semangat gotong royong yang tinggi.

“Untuk diketahui bersama proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah prmbelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitarnya. Proyek penguatan profil pelajar pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler didalam kelas,” jelasnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada para pendidik dan orang tua, karena dirinya menilai peran pendidik danorang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan projek ini. Dimana kerjasama yang baik antara sekolah dan keluarga akan menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inspiratif bagi anak-anak . Zainal.

Bagikan:

Iklan