infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Pemerintah Daerah Dukung Program Yess Untuk Petani Milenial

Pemerintah Daerah Dukung Program Yess Untuk Petani Milenial

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu ) mendukung program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS).

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu ) mendukung program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu H.Ambo Sakka menyampaikan. Dukungan Pemerintah daerah merupakan sebuah kesiapan untuk mengadopsi program YESS ditahun 2026

“Dengan kerjasama tersebut Pemerintah daerah akan menyiapkan bibit pupuk serta alsintan nya.,ucapnya saat membuka program Yess Senin (10/06/2024) di hotel Eboni Kecamatan Batulicin.

Program YESS ini lanjutnya, sesuatu yang sangat penting,kerena perubahan mindset berpikir dan paradigma sekarang sudah dialihkan ke petani muda.

“Sekarang ini bukan hanya di Tanah Bumbu namun secara nasional,telah mengalami degradasi yang sangat tajam dan hampir tidak mau lagi jadi petani.,”imbuhnya.

Menurutnya beralih ke usaha mengelola pertanian bagi anak muda jauh lebih menjanjikan dibandingkan jadi ASN.

Kalau melihat sedikit perkembangan tekhnologi pertanian di negara negara maju, maka untuk bekerja di pemerintahan itu sulit, akhirnya pola berpikirnya beralih jadi petani ,nelayan ,peternak dan seterusnya.

Kerena kondisi itu, maka mindset berpikirnya harus dirubah ,kalau itu bisa dirubah ,dipastikan negara kita akan maju ,kerena di Indonesia ini tongkat saja bisa jadi tanaman.,”ucapnya.

Meski itu sambungnya, pada akhirnya program YESS ini akan melahirkan petani petani milenial dan petani berdasi serta petani yang punya paradigma berpikir maju.

“Tinggal sumber daya manusianya itu bagaimana kita bisa memanfaatkan karunia dari Tuhan tersebut.” Pungkas Sekda.

Sementara itu , Program Yess ini merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan Provincial programe implementation unit (PPIU) Kalimantan Selatan sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda. (. )

Bagikan:

Iklan