infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Pemkab Kotim Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Fhoto bersama usai kegiatan.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk menekan angka kasus stunting di daerah ini. Seperti kegiatan yang digelar oleh Pemkab Kotim di Citimall Sampit dengan tema gemar makan ikan bersama bunda PAUD Kotim Selasa (11/6).

Dimana Pemkab Kotim sangat getol mengkampanyekan agar anak-anak di Kotim harus gemar makan ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

“Makan ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Oleh karena itu, kegiatan semacam ini sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan dalam pola makan sehari-hari, khususnya bagi anak usia dini agar mereka tidak mengalami stunting,” ujar Bupati Kotim Halikinnor dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Kotim Rusmiati.

Kemudian lanjutnya sebagai salah satu stake holder yang terhimpun dalam gugus tugas pendidikan anak usia dini holistik integratif (gugus tugas paud-hi), Dinas Pendidikan melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, bersama bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD Kabupaten, serta didukung oleh Dinas Perikanan mencoba mengambil langkah strategis agar peningkatan angka stunting di daerah ini bisa diminimalisir kembali.

Adapun langkah intervensi yang coba dilakukan ujarnya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan gemar makan ikan bersama bunda PAUD untuk mencegah stunting pada anak usia dini di Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Kita juga patut bersyukur, karena bunda PAUD kita sangat konsern dalam menjaga dan mendukung anak-anak di kabupaten kotawaringin timur agar tumbuh optimal, baik dalam pemenuhan nutrisi maupun akses pendidikan bagi anak usia dini,” ujarnya.

Menurutnya hal itu dapat dilihat dalam sinergi yang tercipta melalui pokja bunda PAUD yang terdiri dari berbagai unsur lintas OPD yang saling mendukung dan melengkapi dalam mengawal pemenuhan hak anak di daerah .
Untuk itu dia mengajak seluruh orang tua untuk membimbing anak-anak untuk memiliki kebiasaan hidup sehat, termasuk dalam hal pola makan yang seimbang.

Zainal.

Bagikan:

Iklan