infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Bupati HST Resmikan Galeri Dekranasda, Dorong Kemajuan Produk Lokal

Bupati HST Resmikan Galeri Dekranasda, Dorong Kemajuan Produk Lokal

Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang, dalam sambutannya, menyampaikan harapannya bahwa hadirnya Galeri Dekranasda ini akan mendorong produk-produk lokal asli Kabupaten HST

BARABAI, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H. Aulia Oktafiandi bersama Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang, meresmikan Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten HST di halaman kantor Dinas Perdagangan (Disdag) HST, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang, dalam sambutannya, menyampaikan harapannya bahwa hadirnya Galeri Dekranasda ini akan mendorong produk-produk lokal asli Kabupaten HST untuk semakin maju dan berdaya saing, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. “HST sudah sering kali mengikuti dan bahkan diundang dalam pameran-pameran di dalam dan luar daerah untuk menampilkan produk-produk olahan dari HST yang banyak diminati,” ungkapnya.

Cheri menjelaskan bahwa meskipun produk-produk dari HST banyak peminatnya, selama ini terkendala oleh ketiadaan wadah yang memadai. Oleh karena itu, hadirnya Galeri ini merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nanti. “Kami berterima kasih kepada Bupati HST yang telah membantu mewujudkan impian para pelaku ekonomi lokal, khususnya kaum perempuan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” lanjutnya.

Cheri berharap Galeri ini tidak hanya menjadi tempat pajangan, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat HST. “Bila ada keluarga yang berkunjung ke HST untuk berlibur dan mencari oleh-oleh, ajak mereka untuk mampir ke Galeri ini,” pesannya.

Sementara itu, Bupati HST, H. Aulia Oktafiandi, menyampaikan bahwa Galeri Dekranasda ini bisa menjadi tempat bagi para pengrajin untuk menampilkan serta menawarkan hasil kerajinan dari usaha kecil-menengah di Kabupaten HST. “Perlu kita perhatikan bahwa hampir 40 hingga 50 persen usaha di Kabupaten HST ini masuk pada kategori usaha kecil-menengah. Untuk meningkatkan nilainya, dibutuhkan kreativitas serta inovasi,” jelasnya.

Aulia menjelaskan bahwa untuk menggerakkan usaha ekonomi di masyarakat, Pemerintah Daerah terus fokus pada tiga aspek, yaitu belanja konsumsi, belanja pemerintah, dan investasi. “Galeri Dekranasda ini menjadi ruang untuk mendorong ketiga aspek tersebut. Jadi, mari kita beli barang-barang hasil karya para pengrajin kita ini,” ajaknya.

Aulia juga berharap bahwa Galeri Dekranasda bisa bermanfaat bagi seluruh pengrajin di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, memberikan mereka ruang untuk berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas. “Semoga Galeri ini menjadi titik awal yang baik untuk mempromosikan dan menjual produk-produk lokal kita,” pungkasnya.

Dengan hadirnya Galeri Dekranasda ini, diharapkan produk-produk lokal Kabupaten HST akan semakin dikenal luas, memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah, serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin lokal.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan