infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Gerakan Tanam Padi Bersama, Wabup HST dan Kelompok Tani Pematang Indah di Desa Wawai Gardu

Gerakan Tanam Padi Bersama, Wabup HST dan Kelompok Tani Pematang Indah di Desa Wawai Gardu

Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Drs. H. Mansyah Sabri, memimpin gerakan tanam padi bersama di Desa Wawai Gardu, Kecamatan Batang Alai Selatan, bersama Kelompok Tani Pematang Inda

Barabai, infobanua.co.id – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Drs. H. Mansyah Sabri, memimpin gerakan tanam padi bersama di Desa Wawai Gardu, Kecamatan Batang Alai Selatan, bersama Kelompok Tani Pematang Indah pada Rabu, 12 Juni 2024. Aksi ini juga dihadiri oleh Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa, perwakilan Polres HST, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satria Tanjung, Perum Bulog Barabai, Forkopimcam BAS, dan Pimpinan BPP.

Dalam sambutannya, Mansyah Sabri memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman padi tersebut. Ia menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten sangat mendukung upaya-upaya memajukan program di bidang pertanian, sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menaruh perhatian serius pada sektor pertanian.

“Pemerintah Kabupaten melalui dinas-dinas terkait berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” ungkapnya. Wabup juga meminta Dinas Pertanian untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi guna mencukupi ketersediaan pangan beras.

Mansyah menambahkan bahwa Pemkab telah menyalurkan bantuan benih padi Inbrida dan 53 buah pompa untuk mendukung pengairan di persawahan. “Saya mengajak para petani untuk merubah pola pikir dan perilaku menuju budaya kerja yang lebih baik dan lebih cerdas. Melalui petani yang handal, semoga HST mampu lebih mandiri dan berdaya saing di masa yang akan datang,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satria Tanjung, berharap para petani tetap semangat dalam berproduksi dan memelihara tanaman padi. Ia menekankan pentingnya konsistensi dalam meningkatkan luas tanam dan produktivitas panen di masa depan. Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah, ada beberapa upaya yang dilakukan pada tahun 2024, termasuk bantuan dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten.

“Bantuan tersebut antara lain berupa 53 unit pompa 3 Inch kepada Kelompok Tani Pematang Indah Desa Wawai Gardu dan Poktan Tunas Baru Desa Wawai Kecamatan BAS,” jelas Budi.

Ia berharap bantuan ini dapat mendukung para petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian mereka, serta membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat HST.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan