infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Bupati HST Aulia Oktafiandi dan Jajaran Rayakan Idul Adha Bersama Masyarakat Barabai

Bupati HST Aulia Oktafiandi dan Jajaran Rayakan Idul Adha Bersama Masyarakat Barabai

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, dan Wakil Bupati HST, Drs H Masyah Sabri, melaksanakan sholat Idul Adha bersama Forkopimda di Lapangan Dwi Warna Barabai

Barabai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, dan Wakil Bupati HST, Drs H Masyah Sabri, melaksanakan sholat Idul Adha bersama Forkopimda di Lapangan Dwi Warna Barabai pada Senin, 17 Juni 2024. Acara ini juga dihadiri oleh alim ulama, Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang, Ketua GOW HST, Sekretaris Daerah HST, Ketua KNPI, para kepala perangkat daerah, serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengucapkan Selamat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam di Kabupaten HST atas nama pribadi, keluarga, dan Pemkab HST. “Saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, semoga Allah menerima amal ibadah kita,” tuturnya.

Aulia menekankan bahwa ibadah kurban mengandung dimensi persaudaraan dan kemanusiaan yang harus selalu ada dan menjadi nilai utama dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga kita mendapat taufik dan hidayah-Nya, untuk bersyukur terhadap karunia-Nya dan berbuat kebaikan dalam melaksanakan Hablum Minallah dan Hablum Minannas,” ucapnya.

Sholat Idul Adha yang dilaksanakan Pemkab HST di Taman Dwi Warna ini dipimpin oleh Khatib KH Sulaiman, Ketua MUI Kecamatan Batang Alai Utara, dan Imam Ustadz Ubaidillah. Dalam khutbahnya yang berjudul “Dua Teladan Qurban Nabi Ibrahim AS”, KH Sulaiman menjelaskan peristiwa Nabi Ibrahim AS yang dijadikan model kurban dalam ajaran Nabi Muhammad SAW. Ia menyampaikan bahwa hikmah keteladanan dari Nabi Ibrahim AS mengajarkan umat Islam untuk melakukan ibadah kurban yang baik dan benar.

KH Sulaiman juga menekankan bahwa kurban menginspirasi setiap muslim untuk tidak hanya sholeh secara ritual, tetapi juga sholeh secara sosial, menjaga keseimbangan hubungan dengan Allah, manusia, dan alam sekitarnya. Jargon “Islam agama ramah bukan marah” dapat terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui ibadah kurban.

Usai sholat Idul Adha, Bupati Aulia dan seluruh jajaran Pemkab HST menggelar open house di Rumah Jabatan Bupati HST, mengundang seluruh warga HST untuk bersilaturahmi dan menikmati hidangan bersama.

Acara ini tidak hanya mempererat tali persaudaraan antar warga dan pejabat, tetapi juga mencerminkan semangat gotong royong dan solidaritas yang diusung oleh Idul Adha.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan