Categories: Health

Program JKN Bantu Nurhayati Berjuang Lawan TBC

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kesehatan setiap orang haruslah terjaga, terlebih saat orang tersebut telah memasuki usia senja. Memiliki jaminan kesehatan juga tidak kalah pentingnya untuk memberikan rasa aman kepada setiap orang karena setiap orang tidak tahu kapan kesehatan seseorang akan diuji dengan penyakit.

 

Seperti yang telah dialami Nurhayati (61) warga Tamban Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Nurhayati harus menjalani perawatan di rumah sakit sebab penyakit TBC yang dideritanya.

 

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit paru-paru yang menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu). Biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Nurhayati mengaku di usianya sekarang, ada rasa syukur yang terucap karena dirinya telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk menemaninya menghadapi penyakit TBC yang dideritanya.

 

“Saya bersyukur karena sudah mendaftar sebagai Peserta JKN sehingga saya bisa berobat dengan tenang. Kalo tidak saya sudah 3 bulan saya menjalani pengobatan ini, harus rutin mengonsumsi obat-obatan dan kontrol ke rumah sakit. Di usia yang tidak produktif tentu saja JKN sangat meringankan beban kami dalam mengatasi biaya berobat,” ujar Nurhayati.

 

Nurhayati menjelaskan dirinya selalu berusaha rutin membayar iuran karena mereka sadar manfaat yang diberikan kepada dirinya selama berjuang melawan TBC yang dideritanya.

 

“Alhamdulillah sebelum saya sakit pun saya sudah rutin bayar iuran sehingga kepesertaan saya bisa tetap aktif. Terlebih setelah mengalami sakit ini, sungguh sangat terasa manfaatnya bagi saya. Dengan iuran yang sangat terjangkau bisa memberikan manfaat yang sebesar ini,” tambah Nurhayati.

 

Lebih lanjut, Nurhayati menceritakan pelayanan yang diterimanya 3 bulan ini dengan menggunakan Program JKN dirasakan sangat baik. Dokter yang melayani dengan sabar selalu mengingatkan untuk rutin kontrol dan jadwal pemberian obat kepada dirinya. Perawat dan petugas rumah sakit yang selalu ramah memberikan arahan saat dirinya datang berkunjung ke rumah sakit.

 

“Terima kasih kepada Program JKN, karena telah meringankan beban saya menghadapi TBC dan membuat saya bisa dan sembuh untuk segera sembuh,” kata Nurhayati. (YG/gn)

infobanua

Recent Posts

PMII Banjarbaru Gelar Pelantikan Akbar, Perkuat Sinergi dengan Pemko

Banjarbaru, infobanua.co.id – Menjadi hari bersejarah bagi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjarbaru, Rabu…

54 menit ago

Banjarbaru Perkuat Ketahanan Keluarga di Kelurahan Cempaka

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya…

2 jam ago

Sukseskan MTQ XLVII, LPTQ Banjar Lakukan Pembinaan Panitia Penyelenggara

Martapura, infobanua.co.id – Semakin dekatnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLVII Tingkat Kabupaten…

2 jam ago

Bupati Banjar Sampaikan Pendapat Akhir Tiga Raperda

Martapura, infobanua.co.id - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar dipimpin Ketua HM…

2 jam ago

Kerjasama XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat Hingga 240GB

Melalui Program bundling myPRIO DEAL iPhone, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan…

4 jam ago

Pemkab Tanbu Berpartisipasi Dalam APKASI Procurement Network Tahun 2024

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti Rakernas ke-XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia…

5 jam ago