infobanua.co.id
Beranda Berita Pemkab Purwakarta Raih Penghargaan Bergengsi dari Pemprov Jawa Barat

Pemkab Purwakarta Raih Penghargaan Bergengsi dari Pemprov Jawa Barat

Purwakarta – Infobanua.co.id, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kembali meraih penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam bidang sistem tata kelola Satu Data Indonesia (SDI). Penghargaan ini diberikan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta.

“Penghargaan ini diberikan karena Pemkab Purwakarta dinilai berhasil menerapkan standar berkualitas tinggi dalam tata kelola SDI. Prestasi ini bisa diraih berkat sinergi seluruh dinas dan lembaga di Pemkab Purwakarta,” kata Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono, Rabu, 19 Juni 2024.

Rudi menjelaskan bahwa penghargaan ini juga mendapat apresiasi penuh dari Penjabat (Pj) Bupati Benni Irwan. “Beliau berharap prestasi yang membanggakan ini menjadi energi baru untuk terus meningkatkan kinerja Pemkab Purwakarta dalam melayani kepentingan publik,” ujarnya.

Berdasarkan Laporan Penilaian Kualitas Data dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Pemkab Purwakarta meraih skor sangat tinggi dalam pengelolaan SDI, yakni 95,93 atau kategori sangat baik, yang merupakan kategori tertinggi.

Penilaian SDI ini meliputi beberapa dimensi, yaitu Conformity & Metadata dengan skor 99,78, Uniqueness dengan skor 100, Consistency dengan skor 100, Timeliness dengan skor 100, dan Completeness dengan skor 60.

Peringkat skor dibagi menjadi empat tingkatan, yakni kurang dari 60 (perlu diperbaiki), 60 – 80 (cukup), 81 – 89 (baik), dan lebih dari 90 (sangat baik). Dengan skor sangat baik ini, Pemkab Purwakarta berada di peringkat teratas di antara 27 kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat dalam tata kelola SDI.

Rudi menjelaskan bahwa kebijakan tata kelola Satu Data Indonesia diatur melalui Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang tata kelola data pemerintah. Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan data berkualitas yang mudah diakses dan dapat dibagi pakai antar instansi pusat serta daerah.

“Dengan demikian, SDI bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengambilan keputusan di tingkat nasional dan daerah dengan memastikan ketersediaan data yang akurat, terpercaya, dan mudah diakses oleh berbagai pihak yang membutuhkan,” kata Rudi.

**Penghargaan Tata Kelola Informasi**

Penghargaan ini melengkapi lima penghargaan lainnya dalam bidang tata kelola data dan informasi yang telah diraih Diskominfo Kabupaten Purwakarta dalam setahun ini.

Kelima penghargaan tersebut adalah:

1. Penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Desember 2023).
2. Penghargaan Top Digital Implementation 2023 Star 4 dari Majalah ItWorks dan Asosiasi IT dan TELCO Indonesia (Desember 2023).
3. Penghargaan Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (November 2023).
4. Penghargaan Inovasi Web Desaku Top 50 dari Gubernur Jawa Barat (September 2023).
5. Penghargaan Digital Literacy of The Year dari Gubernur Jawa Barat (September 2023).

Rudi Hartono menyatakan bahwa dengan diraihnya berbagai penghargaan dalam tata kelola sistem data dan keterbukaan informasi publik yang berkualitas, Pemkab Purwakarta menunjukkan komitmennya dalam membangun dan memperkuat kualitas informasi strategis bagi publik.

“Peningkatan kualitas informasi publik merupakan langkah penting. Masyarakat semakin cerdas dan kritis, sehingga informasi yang berkualitas menjadi tuntutan yang tidak terhindarkan. Kita harus siap menjawab semua tuntutan publik tersebut dengan data dan informasi yang berkualitas,” kata Rudi. (Dodi Junaedi)

Bagikan:

Iklan