infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Semua Kecamatan di Kotim Sudah Miliki Posyandu Lansia

Semua Kecamatan di Kotim Sudah Miliki Posyandu Lansia

Bupati Kotim, Halikinnor Usai acara.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) terus berupaya memperhatikan kondisi dan keberadaan para orang lanjut usia (lansia) di wilayah ini. Salah satunya dengan adanya keberadaan posyandu untuk lansia.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan saat ini, semua Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah memiliki posyandu lansia. Begitu juga sebagian besar kelurahan dan desa.

“Posyandu lansia berperan penting dalam menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat. posyandu menyediakan layanan kesehatan seperti pemeriksaan fisik, penyuluhan kesehatan, kegiatan olahraga, dan kegiatan non-fisik yang meningkatkan interaksi sosial,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada acara hari ulang tahun lansia Kotim yang digelar di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim Jumat (21/6).

Dengan demikian, lanjutnya posyandu tidak hanya menjadi tempat pelayanan kesehatan, tetapi juga ajang silaturahmi bagi lanjut usia. Namun juga menurutnya ada beberapa kendala dan tantangan dalam mengajak lanjut usia ke posyandu , baik karena keterbatasan pengetahuan maupun informasi. Hal ini ujar Halikinnor menjadi tanggung jawab kita semua untuk mendorong lanjut usia memeriksakan kesehatan secara berkala, setiap satu bulan sekali, agar mereka dapat hidup lebih baik.

Dirinya juga mengingatkan jika keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat perlu terus mengusahakan agar para lanjut usia terawat dengan baik. Penting untuk memberikan kesibukan yang menunjang aktivitas motorik, dan melibatkan mereka dalam kegiatan sosial dan keagamaan. Lingkungan keluarga harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi lansia untuk mendapatkan kebahagiaan, karena lansia lebih bahagia bersama keluarga.

“Semoga para lanjut usia di kabupaten kotawaringin timur terus dapat memberikan masukan dan saran terbaik dalam pembangunan di daerah kita,” harapnya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan