infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Percepatan Digitalisasi Barito Kuala: HLM TP2DD Fokus ETPD dan Kolaborasi dengan Bank Kalsel

Percepatan Digitalisasi Barito Kuala: HLM TP2DD Fokus ETPD dan Kolaborasi dengan Bank Kalsel

(Pj) Bupati Mujiyat, Perwakilan Direksi Bank Kalsel, dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Marabahan, infobanua.co.id – Dalam upaya mendorong transformasi digital, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggelar rapat koordinasi bersama Bank Kalsel dalam forum High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Yogyakarta, Senin (24/6/2024). Acara ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Mujiyat, perwakilan Direksi Bank Kalsel, dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

HLM TP2DD ini merupakan bagian dari usaha pemerintah daerah untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi di Barito Kuala. Pj Bupati Mujiyat menekankan pentingnya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam memberikan data dan informasi yang akurat sebagai dasar rekomendasi kepada para pemangku kepentingan. “Perkembangan ETPD Kabupaten Barito Kuala pada semester kedua tahun 2023 telah mencapai 95,75 persen, menunjukkan kemajuan signifikan dari semester sebelumnya yang berada pada tahap maju dengan skor 79,6 persen,” ungkapnya.

Pj Bupati Mujiyat juga mengajak para stakeholder untuk berkomitmen dalam meningkatkan indeks ETPD di Kabupaten Barito Kuala menuju digitalisasi penuh. Harapannya, hasil dari upaya ini akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih transparan, tepat waktu, dan berkualitas.

Keberadaan TP2DD bertujuan untuk mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah serta ETPD, mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital di Barito Kuala di masa depan. ETPD adalah proses yang mengubah transaksi keuangan pemerintah daerah dari manual ke digital, mencakup pembayaran pajak dan retribusi, pengelolaan anggaran, hingga penyaluran bantuan sosial.

Forum ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam mewujudkan transformasi digital di Kabupaten Barito Kuala, memastikan setiap aspek pemerintahan berjalan lebih efisien dan modern, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan