infobanua.co.id
Beranda Daerah 400 Orang Pelajar di Pessel Bakal Dapat Beasiswa di Universitas Andalas

400 Orang Pelajar di Pessel Bakal Dapat Beasiswa di Universitas Andalas

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus melakukan trobosan dalam rangka memacu peningkatan mutu pendidikan didaerah tersebut. Saat ini pemerintah daerah mencanangkan program beasiswa kepada 182 pelajar untuk masuk Perguruan Pinggi Negri (PTN).

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, pencangan ini akan menjadi skala prioritas dalam beriinvestasi pada dunia Pendidikan di Pesisir Selatan. Pemerintah daerah akan memberikan beasiswa kepada 182 pelajar yang akan masuk ke Perguruan tinggi nantinya, terkhususnya di Universitas Andalas

Secara regulasi dan penganggaran, lanjut Bupati, pemda akan melakukan kajian dengan beberapa pihak, sehingga hal ini bisa berjalan dengan baik. Secara teknis pembiayaan itu akan dialokasikan pada APBD Pesisir Selatan nantinya.

“Saat ini sudah ada MoU dengan dua Perguruan Tinggi Negri (PTN) yakni UNP dan Unand, dan hari ini (Jumat-red) membahas secara teknis Kerjasama yang akan dilaksanakan kedepanya, ” ujar bupati Sabtu 23 Juni 2024 di Painan.

Sementara itu, Head of Legal dari PSPK Lingkar Daerah Belajar (LDB) Mandira mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah dalam hal menyusun trobosan peningkatan mutu Pendidikan salah satunya adalah program beasiswa perguruan tinggi.

Dia menyebutkan, tidak banyak kepala daerah yang mampu mengavokasi dunia Pendidikan melewati kewenang daerah tersebut. Apalagi dalam hal perguruan tinggi yang semestinya adalah gawenya pemerintah pusat.

“Kita tahu urusan perguruan tinggi adalah gawenya pemerintah pusat. Namun disini kepala daerah Pesisir Selatan mampu mengalokasikan anggaran untuk itu, dan ini merupakan sebuah trobosan yang luar biasa,” sebutnya.

Selanjutnya, Lead Lingkar Daerah Belajar (LDB) Qonita Beldatis pada kesempatan tersebut mengatakan, LDB sudah bekerjasama dengan Pesisir Selatan sejak September 2023, bahkan Kabupaten Pesisir selatan merupakan daerah pertama di Indonesia yang menjadi Kik Off Forum Pengerak Pendidikan.

Belda menerangkan, dalam Kerjasama ini, hal-hal yang dilakukan oleh LDB adalah mendukung peningkatan kopertensi dari para penggerak maupun guru yang ada di Pesisir Selatan, selanjutnya LDB akan membantu penyusuan regulasi pendidikan, serta mengankat praktik baik ke level nasional untuk menjadi contoh daerah lain di Pesisir Selatan.

“Nah, ini sudah berjalan baik dan memperlihat peningkatan-peningkatan, kita dari LDB akan terus mendurong ini, sehingga peninggkatan mutu Pendidikan di Pessel tercapai dengan baik,” pungkasnya.

IB

Bagikan:

Iklan