infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Dinas Lingkungan Hidup Catat Volume Sampah di PPU Capai 50 Ton Per Hari

Dinas Lingkungan Hidup Catat Volume Sampah di PPU Capai 50 Ton Per Hari

PPU, Infobanua.co.id, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat jumlah volume sampah rumah tangga secara akumulasi mencapai 50 ton per hari.
Kepala DLH PPU Safwana mengungkapkan jika dibandingkan sepanjang periode sebelumnya terhitung dari Januari – Juni 2024 mengalami peningkatan signifikan.

“ Ada kenaikan dari tahun sebelumnnya, termasuk sudah sampah dari Kecamatan Sepaku di IKN,” ucapnya dihadapan awak media.

Disampaikannya untuk mengatasi terjadinya penumpukan pada Tempat Pembuang Sampah (TPS) butuh Kerjasama dalam mengelola sampah tersebut, yakni dengan metode pengelolaan yang bersumber dari masyarakat.

Lanjutnya, masyarakat harus mengelola sampah dengan cara memilah sampah kering dan basah agar sehingga dapat memilah mana yang sampah bernilai ekonomis dan tidak.

“Sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis itu lah nanti yang dibuang di TPA, untuk sampah bernilai ekonomis dapat dikumpulkan di bank sampah,’ tuturnya kepada media

Jika dilihat dari kondisi TPA yang ada, Safwana mengaku kapasitas penampungan tersebut diperkirakan hanya mencapai 2 hingga 3 tahun kedepan. Sehingga pemerintah perlu melakukan perluasan lahan pembuang sampah yang lebih besar.

Namun demikian, DLH PPU disarankan oleh Dinas PUPR saat ini tidak lagi diperbolehkan melakukan penambahan zona tempat Pemrosesan Sampah Akhir (TPA).

“ Yang mereka sarankan itu ialah membangun Tempat Pembuang Sampah Terpadu (TPST), sebelum itu pemerintah harus memiliki DED (Detail Engineering Design),” tandasnya. (ADV)

Bagikan:

Iklan