infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH KPU HST Lantik 738 Pantarlih untuk Pemutakhiran Data Pemilih

KPU HST Lantik 738 Pantarlih untuk Pemutakhiran Data Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) telah resmi melantik ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan segera bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di wilayah HST.

BARABAI, infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) telah resmi melantik ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan segera bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di wilayah HST. Pelantikan ini berlangsung pada Selasa, 25 Juni 2024, di Balai Rakyat, Barabai, dengan dihadiri oleh perwakilan dari 11 kecamatan dan 169 desa se-Kabupaten HST.

Kadiv Rendantin KPU HST, Dr. Murjani, mengungkapkan bahwa total Pantarlih yang dilantik mencapai 738 orang, dan mereka akan mulai bekerja hingga 24 Juli 2024. “Usai dilantik, mereka langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) mengenai cara kerja dan prosedur yang harus dijalankan,” jelasnya.

Setelah mengikuti bimtek, para Pantarlih akan segera melakukan coklit terhadap 195.412 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hasil sinkronisasi. “Proses coklit ini berlangsung selama sebulan, jadi kami sangat berharap partisipasi aktif dari masyarakat untuk menerima petugas Pantarlih saat mereka datang,” kata Murjani.

Dari 11 kecamatan di HST, Kecamatan Barabai membutuhkan jumlah Pantarlih terbanyak, yaitu 160 orang, untuk memastikan pemutakhiran data pemilih berjalan dengan baik.

Dengan pelantikan ini, KPU HST menunjukkan komitmennya dalam memastikan data pemilih yang akurat dan terpercaya, demi kelancaran pelaksanaan pemilu yang akan datang. Partisipasi masyarakat dalam proses coklit sangat diharapkan untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan