infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Pimpin Turdes ke-10 Menuju 11 Kabupaten

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Pimpin Turdes ke-10 Menuju 11 Kabupaten

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, memimpin rombongan Turun ke Desa (Turdes) ke-10 menuju 11 kabupaten se-Kalsel.

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dengan tema “Menuju Indonesia Emas Germas Cinta Banua,” Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, memimpin rombongan Turun ke Desa (Turdes) ke-10 menuju 11 kabupaten se-Kalsel. Rombongan tersebut dilepas oleh Ketua TP PKK Kalsel, Raudatul Jannah, dari kantor Gubernur di Banjarbaru menuju titik pertama yaitu Kabupaten Tanah Laut.

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045. “Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci utama untuk mencapai Indonesia Emas,” ujarnya pada Senin, 1 Juli 2024.

Gubernur Sahbirin juga menyoroti pentingnya kesehatan sebagai pilar utama dalam pengembangan SDM. “Kesehatan bukan hanya tentang badan yang kuat, tetapi juga pikiran yang sehat dan kepribadian yang baik,” tambahnya. Germas Cinta Banua menjadi esensial dalam upaya ini, menjadikan kesehatan sebagai bagian integral dari kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan.

Sebelum berangkat, Gubernur mengingatkan peserta untuk selalu mematuhi aturan berkendara dan mengutamakan keselamatan. “Para kepala SKPD harus memantau dan memperhatikan anggotanya agar tidak ada kendala yang dihadapi,” katanya.

Kadis Kehutanan Kalsel, Fathimatuzzahra, menyampaikan bahwa Turdes ke-10 diselenggarakan dari tanggal 1 hingga 6 Juli, melibatkan 305 motor trail, 148 mobil, 780 peserta, dan 5 tim medis. Selama Turdes, terdapat 16 titik kunjungan yang diisi dengan berbagai penyerahan bantuan, seperti paket sembako, sunatan massal, penanaman pohon, bantuan hibah Bumdes, bantuan sekolah, paket peternakan dan perkebunan, penyerahan produk ikan olahan, pembagian bendera Merah Putih, serta pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

Rute perjalanan hari pertama dimulai dari Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru menuju Desa Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Pagatan, Komplek DHP Sungai Kecil, dan Puskesmas Mantewe di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Di Kotabaru, rombongan mengunjungi Teluk Aru, SMA 1 Pulau Laut Selatan, Berangas Pulau Laut Timur, dan Sarang Tiung.

Selanjutnya, tim Turdes menuju Banua Anam dengan tujuan Paramasan Bawah dan Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Titik kunjungan berikutnya adalah Puskesmas Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Puskesmas Batu Mandi di Kabupaten Balangan, Puskesmas Tanjung di Kabupaten Tabalong, Puskesmas Alabio di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Puskesmas Negara (HSS), dan Puskesmas Candi Laras (Tapin).

Turdes ke-10 akan berakhir dengan kunjungan ke Puskesmas Belawang di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tajau Landung di Kabupaten Banjar, dan finish di Kiram, Kabupaten Banjar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesehatan masyarakat, serta membawa dampak positif bagi pengembangan SDM di Kalimantan Selatan.

Bagikan:

Iklan