Categories: BANJAR

Pemkab Banjar Gelar Rakor Penyusunan Produk Hukum Daerah 2024

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/ Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Monitoring dan Evaluasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun 2024, di Aula KH Kasyful Anwar Martapura, Selasa (2/7/2024) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani mengatakan, salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan dilakukan melalui penanganan pengaduan masyarakat yang masuk di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Banyaknya pengaduan hendaknya tidak sebatas dimaknai bahwa “Pelayanan Publik Buruk” tetapi dalam konteks “Open Government”,. Hal ini adalah wujud nyata partisipasi warga dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkontribusi bagi peningkatan tata kelola pemerintahan,” ucap Rakhmat Dhani saat membuka sosialisasi.

Ditambahkan, pengaduan masyarakat dijaring secara terpadu, pengelolaan tidak terduplikasi, tepat sasaran pada lembaga yang berwenang menangani, mudah diakses dan dikelola serta penanganannya mudah ditelusuri.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kita berharap rekan-rekan operator LAPOR di lingkungan Pemkab Banjar dapat lebih memahami pengelolaan SP4N LAPOR ini agar dapat merespon cepat aduan yang masuk,” harapnya.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith saat menyampaikan materi menjelaskan, LAPOR SP4N merupakan laporan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Melalui SP4N diharapkan pengaduan masyarakat mengenai pelayanan publik dapat ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggara dan mendorong meningkatkan kinerja penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik dalam pengelolaan pelayanan publik,” harap Basith.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan Terbaik I, II dan III dalam pengelolaan pengaduan melalui Lapor-SP4N di Kabupaten Banjar Tahun 2024 oleh Asisten Administrasi Umum didampingi Kepala DKISP Banjar.

Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber Kasi Pengelolaan Opini Publik  Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Chairun Ni’mah dengan moderator Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Noor Syawli Sahri.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Nanang Rifky dan Galuh Anisa Raih Gelar Juara Pemilihan Nanang Galuh Banjar 2024

Martapura, infobaua.co.id – Sorak-sorai penonton memecah keheningan ketika Nanang Rifky dan Galuh Anisa dinobatkan sebagai…

7 jam ago

Revolusi Industri Hulu Migas Indonesia, Indosat Business Kenalkan Solusi Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan

Jakarta, infobanua.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business, bersama dengan anak perusahaannya,…

7 jam ago

Bupati Kotim Kukuhkan 162 Kades Dari 186 Desa

Sampit, infobanua.co.id – Pengukuhan 162 kepala desa oleh Bupati Kotim, Halikinnor yang dilaksanakan di halaman…

7 jam ago

Proyek Normalisasi Saluran yang Kerjakan CV Niscala Askara Jaya Mendapatkan Apresiasi dari Masyarakat

Karawang, infobanua.co.id - Hasil Pekerjaan proyek normalisasi saluran tersier yang dikerjakan pihak CV Niscala Askara…

7 jam ago

Dimana Kebesaran Manusia

oleh: Pribakti B *) Sesungguhnya masyarakat dunia pernah dihentakkan kesadarannya ketika Nagasaki dan Hiroshima dibom…

7 jam ago

Bank Kalsel Dukung Pelestarian Lingkungan dengan Penanaman 8.000 Bibit Mangrove

Banjarmasin, infobanua.co.id – Bank Kalsel menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup melalui kegiatan…

19 jam ago