Categories: BANJAR

Pemkab Banjar Gelar Rakor Penyusunan Produk Hukum Daerah 2024

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/ Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Monitoring dan Evaluasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun 2024, di Aula KH Kasyful Anwar Martapura, Selasa (2/7/2024) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani mengatakan, salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan dilakukan melalui penanganan pengaduan masyarakat yang masuk di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Banyaknya pengaduan hendaknya tidak sebatas dimaknai bahwa “Pelayanan Publik Buruk” tetapi dalam konteks “Open Government”,. Hal ini adalah wujud nyata partisipasi warga dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkontribusi bagi peningkatan tata kelola pemerintahan,” ucap Rakhmat Dhani saat membuka sosialisasi.

Ditambahkan, pengaduan masyarakat dijaring secara terpadu, pengelolaan tidak terduplikasi, tepat sasaran pada lembaga yang berwenang menangani, mudah diakses dan dikelola serta penanganannya mudah ditelusuri.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kita berharap rekan-rekan operator LAPOR di lingkungan Pemkab Banjar dapat lebih memahami pengelolaan SP4N LAPOR ini agar dapat merespon cepat aduan yang masuk,” harapnya.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith saat menyampaikan materi menjelaskan, LAPOR SP4N merupakan laporan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Melalui SP4N diharapkan pengaduan masyarakat mengenai pelayanan publik dapat ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggara dan mendorong meningkatkan kinerja penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik dalam pengelolaan pelayanan publik,” harap Basith.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan Terbaik I, II dan III dalam pengelolaan pengaduan melalui Lapor-SP4N di Kabupaten Banjar Tahun 2024 oleh Asisten Administrasi Umum didampingi Kepala DKISP Banjar.

Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber Kasi Pengelolaan Opini Publik  Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Chairun Ni’mah dengan moderator Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Noor Syawli Sahri.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Mengaudit POKIR: Menjaga Integritas Aspirasi Menuju Pembangunan yang Bersih dan Berdampak

“Kepercayaan adalah emas, tapi emas pun harus diuji kemurniannya.” Sebab itu, Pokok Pikiran DPRD sebagai…

14 menit ago

POKIR DPRD: Menjembatani Suara Rakyat Menuju Pembangunan yang Adil dan Inklusif

Oleh: Dr (c). Ir. Karolus Karni Lando, MBA Dalam beberapa hari terakhir, di berbagai grup…

18 menit ago

Wali Kota Banjarmasin Ingatkan ASN Tangani Masalah Sampah

Banjarmasin, infobanua.co.id – Wali Kota Banjarmasin, H. M. Yamin HR, memimpin apel pagi di Dinas…

1 jam ago

Wali Kota Banjarmasin Serahkan SK CPNS dan PPPK, Ingatkan ASN Tuntaskan Masalah Sampah

Banjarmasin, infobanua.co.id – Wali Kota Banjarmasin, H. M. Yamin HR, menyerahkan ratusan Surat Keputusan (SK)…

2 jam ago

Kebersamaan dan Semangat Baru Warnai Rangkaian Kegiatan DPRD Kalsel Pasca-Idulfitri

Banjarmasin, infobanua.co.id — Suasana penuh kehangatan dan kebersamaan menyelimuti lingkungan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)…

2 jam ago

Tarif Trump Guncang Pasar Kripto Global, CEO Bittime Beri Tanggapan

Jakarta, 9 April 2025 – Ketegangan kondisi ekonomi global kembali memanas setelah Presiden Amerika Serikat,…

2 jam ago